nusabali

ST Eka Dharma Banjar Bekul Panjer Siapkan Ogoh-Ogoh untuk Tahun Baru Caka 1946

  • www.nusabali.com-st-eka-dharma-banjar-bekul-panjer-siapkan-ogoh-ogoh-untuk-tahun-baru-caka-1946

DENPASAR, NusaBali.com - Serangkaian persiapan menyambut tahun baru Caka 1946 terus dilakukan oleh umat Hindu di Bali. Salah satunya adalah pembuatan ogoh-ogoh.

Salah satu kelompok yang tengah berproses menggarap ogoh-ogoh adalah ST Eka Dharma, Banjar Bekul Panjer, Jalan Tukad Pancoran no. 39, Panjer, Denpasar Selatan.

I Made Arya Kusuma Wardana, anggota ST Eka Dharma yang menjadi panitia ogoh-ogoh tahun 2024, mengatakan bahwa pengerjaan ogoh-ogoh ini dimulai sejak 20 Desember 2023. Saat ini, baru memasuki tahap pengulatan.

"Untuk lomba ogoh-ogoh di tingkat kota Denpasar, kami belum bisa memastikan apakah bakalan bisa ikut atau tidak. Melihat jumlah anggota ST kami yang berjumlah sedikit, dalam proses pengerjaan kami usahakan ogoh-ogoh ini selesai dahulu dan untuk lomba di tingkat desa sudah pasti akan kami ikut sertakan," kata Arya, Kamis (28/12/2023).

Arya menjelaskan, ogoh-ogoh yang mereka garap kali ini menonjolkan satu karakter saja, yaitu karakter raksasa. Budget yang disiapkan untuk pembuatan ogoh-ogoh ini adalah Rp 25 juta hingga Rp 30 juta. Saat ini, baru mengeluarkan biaya Rp 6 juta.

"Ogoh-ogoh ini digarap dari jam 7 malam hingga 11 malam," ujarnya.

Meskipun minim pemuda yang bekerja di Banjar, Arya dan rekan-rekannya tetap berusaha untuk menyelesaikan karya ogoh-ogoh ini agar dapat selesai tepat waktu.

"Melihat tahun depan menjadi tahun politik, di sinilah anak muda khususnya ST sebagai darah-darah muda harus bisa berpikir dewasa dalam arti tidak saling menjatuhkan dan kita haruslah bijak dalam mengikuti segala peraturan dan bersifat netral saja selagi hal itu positif," ujar Arya.

Selain itu, Arya juga berharap agar ke depan bagi calon-calon ST (adik-adik) bisa ikut berpartisipasi dalam pengerjaan ogoh-ogoh setiap tahunnya. Hal ini agar dapat mencari bibit baru dan agar adanya regenerasi baru.

"Semoga ke depan, ST Eka Dharma semakin maju dan dapat menghasilkan karya-karya ogoh-ogoh yang semakin bagus dan berkualitas," pungkasnya. *m03

Komentar