nusabali

Awal 2024, Penumpang Turun di Padangbai Sepi

  • www.nusabali.com-awal-2024-penumpang-turun-di-padangbai-sepi

AMLAPURA, NusaBali - Penumpang tiba di Pelabuhan Padangbai, Karangasem di awal tahun 2024 di Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Senin (1/1), relatif sepi. Berbeda dengan penumpang melalui Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, NTB, lebih ramai.

Kapal pertama yang nyandar di Dermaga 1 Pelabuhan Padangbai, pukul 06.00 Wita KMP Prima Nusantara, milik PT Jembatan Nusantara. Kapal ini menurunkan 19 penumpang pejalan kaki, 9 peseda motor, 4 kendaraan kecil, 2 truk mini, 7 truk sedang, dengan nakhoda Bambang Harianto. Operasi kapal dukung 23 ABK (anak buah kapal).

KMP Prima Nusantara dengan bobot 2.773 gross tonnage, dengan kapasitas 440 penumpang. Kapal itu berangkat dari Pelabuhan Lembar pukul 01.00 Wita, berlayar hingga lego jangkar selama 5 jam, dengan cuaca di Selat lombok, tinggi gelombang 1,5-2,5 meter,  kecepatan angin 2-10 knot per jam.

Menyusul datang KMP Monic I, nyandar di Dermaga 2 pukul 08.30 Wita, menurunkan 75 penumpang, 15 sepeda motor, 1 tronton, 1 truk besar, 8 truk sedang, 17 roda empat, dan bagasi 59 ton, dengan nakhoda Joko Purnomo, dan 21 ABK.

"Penumpang yang turun di Pelabuhan Padangbai di awal tahun relatif sepi, lebih ramai yang hendak berlayar ke Pelabuhan Lembar," jelas Kepala Jaga Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai I Made Wendra.


I Made Wendra mengatakan, tercatat 25 kapal yang masuk daftar beroperasi di Selat Lombok, Pelabauhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar atau sebaliknya, hanya saja, 3 kapal masuk dok. Ketiga kapal itu, KMP Surya 77 milik PT Trimitra Samudra berbobot 1.196 gross tonnage, KMP Nusa Penida milik PT SP Ferry berbobot 649 GT, dan KMP Nusa Sakti milik PT PM SP Ferry berbobot 676 GT.

Dari 22 kapal yang beroperasi selama 24 jam, hanya 13 kapal melayani penumpang, terbagi dua shift I pukul 08.00 Wita-20.00 Wita mengoperasikan 7 kapal, dan shift II pukul 20.00 Wita-08.00 Wita mengoperasikan sebanyak 6 kapal.

Situasi di Pelabuhan Padangbai, penumpang yang turun dan yang hendak menyeberang, lengang. Hanya terlihat ada kendaraan truk angkut bahan bakar minyak yang antre.

Meski demikian penjagaan secara reguler tetap disiagakan, di empat pos, Pos I memeriksa surat-surat kendaraan penumpang yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Lembar, Pos II memeriksa surat-surat kendaraan dan barang bawaan penumpang yang baru turun dari kapal, dan Pos III memeriksa KTP penumpang pejalan kaki dan Pos IV di penjagaan di Kantor Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol AA Agung Ngurah Agung yang mengoordinasikan anggotanya, secara teknis pengamanan tidak ada kendala.7k16

Komentar