nusabali

Dishub Bali Siapkan Shuttle Bus Gratis Antisipasi Macet di Bandara I Gusti Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-dishub-bali-siapkan-shuttle-bus-gratis-antisipasi-macet-di-bandara-i-gusti-ngurah-rai

DENPASAR, NusaBali.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali menyiapkan layanan shuttle bus gratis untuk wisatawan yang terjebak macet di sekitaran Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Kota Denpasar. Hal ini untuk mengantisipasi keterlambatan penumpang dengan keberangkatan pesawat.

Kepala Dishub Bali I Gde Wayan Samsi Gunarta mengatakan pihaknya telah menyiapkan bus Trans Metro Dewata sebagai layanan shuttle bus mulai Sabtu ini hingga H+2 Tahun Baru,  mengantisipasi jika sewaktu-waktu kembali terjadi kepadatan lalu lintas seperti Jumat (29/12/2023) malam. 

“Untuk ke bandara kita atensi khusus. Mulai jam 4 sore (16.00 Wita) bus kita operasikan dari Nusa Dua ke bandara, dari Benoa (Pesanggaran) ke bandara, kemudian dari Sentral Parkir ke bandara,” ujar Samsi, Sabtu (30/12). 

Ia menjelaskan, shuttle bus dijadwalkan akan berangkat setiap 15 menit sekali mulai pukul 16.00-23.15 Wita. Nantinya bus akan diberikan jalur khusus agar tidak ikut terjebak kemacetan. Samsi berharap jika terjadi kemacetan, daerah emergency (jalur darurat)  dikosongkan untuk memberikan kesempatan shuttle bus menuju bandara. 

“Jadi teman-teman ketika macet jangan mengambil area emergency karena itu untuk bus lewat,” jelas Samsi. 

Beberapa opsi juga telah disiapkan Dishub Bali jika terjadi kemacetan parah seperti terjadi Jumat kemarin. Salah satunya bekerjasama dengan pihak Jalan Tol Bali Mandara, agar pintu tol dibuka tanpa membayar.  

“Kita sudah set treshhold (pintu masuk) yang baru untuk kemacetan yang mungkin terjadi. Kalau kemacetan di titik yang kita curigai terjadi dan itu kemungkinan menyebar, kita sudah punya antisipasi untuk memindahkan lalu lintasnya,” kata Samsi.  

“Ketika lalu lintas dipindahkan kita berkoordinasi dengan jalan tol supaya mereka bisa meloloskan. Jadi nggak usah bayar tol kalau terjadi kemacetan lagi,” imbuhnya. 

Samsi mengimbau wisatawan yang hendak meninggalkan Bali hari ini melalui Bandara Ngurah Rai supaya mengantisipasi kemacetan dan jauh sebelum jam keberangkatan pesawat sudah berangkat menuju bandara. 

“Harapan kita sih nggak terjadi (kemacetan),” kata Samsi. *cr78

Komentar