nusabali

Polda Bali Ungkap Mitigasi Atasi Krodit Mudik Lebaran di Gilimanuk dan Bandara

  • www.nusabali.com-polda-bali-ungkap-mitigasi-atasi-krodit-mudik-lebaran-di-gilimanuk-dan-bandara

DENPASAR, NusaBali.com - Polda Bali akan mengerahkan 2.005 personel untuk mengamankan mudik Lebaran 2024. Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi ‘Ketupat Agung 2024’ ini difokuskan di dua tempat: Pelabuhan Gilimanuk dan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Jumlah personel yang dikerahkan ini terdiri dari 450 personel Polda Bali dan 1.555 dari Polres jajaran yang akan tersebar di beberapa pos pelayanan yang ada.

"Kami sudah rapat dengan otoritas bandara. Ada langkah-langkah mitigasi. Seandainya terjadi kepadatan di dalam, ada mitigasi seperti di VIP 2 akan dibuka untuk bisa diakses, kemudian halte di seberang bandara juga dibuka," kata Karo Ops Polda Bali Kombes Pol Soelistijono, Rabu (3/4/2024) .

Di Pelabuhan Gilimanuk, Polda Bali akan menerapkan strategi khusus untuk mengurai kemacetan. "Pembagian gang khusus di tempat kargo, masing-masing untuk kendaraan roda dua dan empat. Khusus untuk kendaraan besar tetap diatur di jalur utama," jelas Kombes Pol Soelistijono.

Jika kepadatan kendaraan tidak terhindarkan, ‘delay system’ akan diterapkan di belokan di Kaliakah (9,5 Km dari Pelabuhan Gilimanuk) dan mendekati wilayah Bandara (5,5 Km).

"Langkah-langkah mitigasi ini dibuat untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan pada H-3 dan H-2," kata Kombes Pol Soelistijono.

Selain itu, 6 kantong parkir telah disiapkan di Pelabuhan Gilimanuk: rest area Pengeragoan, rest area Rambut Siwi, Terminal Kaliakah, Gudang Utama Suzuki, Gudang Toyota Agung Automall, dan UPPKB-Cekik.

Peningkatan jumlah pemudik diprediksi terjadi di kedua lokasi. "Lonjakan pemudik di bandara naik 9 persen menurut hitungan dari pihak otoritas bandara, dibandingkan dari tahun 2022 ke 2023. Di Gilimanuk tentu ada lonjakan tetapi persentasenya tidak disampaikan oleh ASDP, yang pasti ada lonjakan," kata Kombes Pol Soelistijono.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk menjadwalkan perjalanannya lebih awal dan menghindari penumpukan kendaraan di H-2. 

Pelaksanaan operasi ‘Ketupat Agung 2024’  ditandai dengan apel gelar pasukan yang dilakukan di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Denpasar, Rabu (3/4/2024).

Apel gelar pasukan tersebut dihadiri oleh Pj Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya, Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra, dan seluruh stakeholder terkait, termasuk TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Basarnas serta instansi terkait lainnya.

Mahendra Jaya selaku pimpinan apel, membacakan amanat dari Kapolri JenderalListyo Sigit Prabowo, mengatakan bahwa pentingnya sinergi antara TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.*ol4

Komentar