nusabali

Sertijab Pengurus PMR di SMAN 2 Amlapura

  • www.nusabali.com-sertijab-pengurus-pmr-di-sman-2-amlapura

AMLAPURA, NusaBali - SMAN 2 Amlapura menggelar acara serah terima jabatan pengurus PMR (Palang Merah Remaja) di aula sekolah setempat, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Rabu (27/12). Ketua PMR SMAN 2 Amlapura yang baru Ni Putu Diah Chandani, kelas XI/1. Dia menggantikan Ida Bagus Komang Ardika Pradnyana, kelas XII IPA2.

Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa didampingi pembina PMR, Widi Lestari, dan I Nengah Agus Suryantara menghadiri acara tersebut. Kepengurusan PMR yang baru di bawah Ketua Ni Putu Diah Chandani, dibantu Wakil Ketua Ida Wayan Bagus Putra Santosa dari kelas XI/7, Sekretaris Ni Kadek Diah Anjani Dewi dari kelas XI/8, Wakil Sekretaris Ni Komang Tri Utami dari kelas XI/5, Bendahara Komang Anggitha Giri dari kelas XI/8, dan Wakil Bendahara I Komang Tirta Yasa dari kelas XI/7.

Kasek Puja Astawa mengatakan, kalangan remaja menjadi prioritas pembinaan baik dalam keanggotaan maupun kegiatan kepalangmerahan. Remaja juga berperan dalam pengembangan kegiatan kepalangmerahan, mulai perencanaan, kegiatan dan proses pengambilan keputusan sebagai generasi PMI. Remaja adalah kader relawan dan pemimpin PMI pada masa depan.

Dia menambahkan, untuk jejang SMA dan sederajat, dernama PMR Wira, umur 15 - 17 tahun. Anggotanya menggunakan slayer kuning cerah dengan fungsi berbeda-beda. "PMR Mula berfungsi sebagai peer leadership, yaitu dapat menjadi contoh atau model ketrampilan hidup sehat bagi teman sebaya. PMR Madya berfungsi sebagai peer support, yaitu memberikan dukungan, bantuan, dan semangat kepada teman sebaya agar meningkatkan ketrampilan hidup sehat," jelasnya

Sedangkan PMR Wira berfungsi sebagai peer educator, yaitu pendidik sebaya keterampilan hidup sehat. "Ada tiga sasaran di PMR yang disebut, Tri Bhakti PMR, meningkatkan keterampilan hidup sehat, berkarya dan berbakti di masyarakat dan mempererat persahabatan nasional dan internasional," lanjut Puja Astawa.

Katya dia, semuanya itu terkandung pendidikan karakter siswa, dengan membentuk disiplin siswa, mental, dan keberanian dalam mengemukakan pendapat. Karena PMR lebih sering melaksanakan diskusi kelompok. Sebelum bertugas, jelas Kasek Puja Astawa, pengurus PMR yang baru  nantinya dapat pembekalan, agar memahami tugas dan fungsi setiap siswa yang duduk sebagai pengurus.7k16

Komentar