nusabali

Jaga Kerukunan, Umat Pentaskan Seni Moderasi Beragama

  • www.nusabali.com-jaga-kerukunan-umat-pentaskan-seni-moderasi-beragama

TABANAN, NusaBali - Guna menjaga kerukunan umat beragama di Tabanan, sejumlah pentas seni ditampilkan di halaman Kantor Kementrian Agama RI Kabupaten Tabanan, Sabtu (23/12). Kegiatan serangkaian HUT Kementerian Agama RI ini bagian dari potret kehidupan beragam di Kabupaten Tabanan.

Kepala Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Tabanan, Ida Bagus Putu Arsana, menjelaskan kegiatan tersebut sebagai rangakaian hari ulang tahun Kemenag RI ke-78 pada setiap tanggal 3 Januari. "Ini sebagai gambaran Kementerian Agama melaksanakan pelayanan  kepada masyarakat sampai semua lini, menyampaikan moderasi beragama sebagai salah satu program Kementerian Agama," ujarnya.

Diharapkan, dengan pentas seni moderasi di Tabanan kehidupan seluruh umat menjadi rukun apalagi akan menghadapi hajatan pesta demokrasi tahun 2024 nanti.

Dalam pentas seni moderasi Sabtu pagi itu diawali dengan pementasan dari Agama Kristen, menampilkan paduan suara. Dilanjutkan pementasan  Baris Tunggal dan Barong Ket dari Agama Hindu.


Pementasan dari Agama Islam  berupa hadrah kontemporer dari SD/MI Al Amin Tabanan. Sementara pementasan seni dari Agama Budha menampilkan tarian Barong Sai dari Pusaka Catra, Tabanan. Pemaknaan pementasan seni moderasi beragama ini pun diharapkan dapat terus berlanjut dalam mengamalkan agama masing-masing. Sehingga terjalinnya hubungan antar umat beragama baik di Kabupaten Tabanan.


"Pementasan seni moderasi ini sebagai potret kehidupan beragama di Kabupaten Tabanan. Terlebih Kabupaten Tabanan tengah mendapatkan Harmony Award, sehingga harus dipertahankan, harus memiliki rasa kepemilikan satu sama lainnya," tegas Putu Arsana.7des

Komentar