nusabali

Debat Capres-Cawapres 2024 Jadi Ajang Menarik, Kualitas Harus Terus Ditingkatkan

  • www.nusabali.com-debat-capres-cawapres-2024-jadi-ajang-menarik-kualitas-harus-terus-ditingkatkan

DENPASAR, NusaBali.com - Debat capres 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa (12/12/2023) lalu, menjadi ajang menarik bagi masyarakat Bali. Hal ini dibuktikan dari maraknya percakapan soal debat capres di media sosial, maupun dalam diskusi sehari-hari.

Gde Wirajaya Wisna, anggota DPRD Provinsi Bali  menilai debat capres telah menunjukkan peningkatan kualitas dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya masyarakat yang menonton debat, serta semakin beraninya para calon presiden menyampaikan gagasan dan ide mereka.

"Debat capres menjadi ajang penting bagi masyarakat untuk mengetahui sosok calon presiden yang akan memimpin bangsa ini. Oleh karena itu, kemasan debat capres perlu dibuat lebih menarik," ujar Gde Wirajaya Wisna, Kamis (21/12/2023).

Ia mengusulkan agar Debat Capres-Cawapres tidak hanya berupa tanya jawab saja, tetapi juga lebih interaktif. Panelis juga perlu lebih aktif untuk mengupas tuntas jawaban ataupun tanggapan dari kandidat. Hal ini agar masyarakat dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap dan mendalam.

"Debat juga perlu melibatkan berbagai pihak, termasuk masyarakat, penyelenggara pemilu, dan media massa. Evaluasi yang mendalam terhadap pelaksanaan debat perlu dilakukan secara transparan dan akuntabel," kata Gde Wirajaya Wisna yang juga Sekretaris DPD Partai Hanura Provinsi Bali,

Ia berharap, Debat Cawapres yang akan digelar pada Jumat (22/12/2023) malam, dapat lebih menarik dan memberikan informasi yang lebih bermanfaat bagi masyarakat.

"Debat Capres-Cawapres merupakan instrumen yang penting untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia. Oleh karena itu, kualitas Debat Capres-Cawapres perlu terus ditingkatkan," ujar Gde Wirajaya Wisna.

Menurut Gde Wirajaya Wisna, Debat Capres-Cawapres yang berkualitas dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengetahui visi dan misi para calon presiden. Hal ini penting untuk membantu masyarakat dalam menentukan pilihannya.

Selain itu, debat yang berkualitas juga dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk mengetahui kemampuan para calon pemimpin dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa.

Debat Capres-Cawapres 2024 akan berlangsung selama lima kali. Pada Selasa (12/12/2023) tampil Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Sementara pada Jumat (22/12/2023) akan tampil tiga cawapres yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Komentar