nusabali

Gereja dan Tempat Wisata Jadi Fokus

Pengamanan Operasi Lilin Agung

  • www.nusabali.com-gereja-dan-tempat-wisata-jadi-fokus

SINGARAJA, NusaBali - Pengamanan gereja dan tempat wisata menjadi fokus pengamanan dalam Operasi Lilin Agung Tahun 2023 akan digelar Polres Buleleng. Operasi akan dimulai pada 21 Des 2023 - 4 Januari 2024 ini untuk pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sejumlah personel yang akan dilibatkan dalam operasi tersebut mengikuti pelatihan pra operasi, Selasa (19/12) pagi di Gedung Ananta Wijaya Mapolres Buleleng. Latihan ini diikuti 100 orang personel, termasuk para Kepala Satuan Tugas (Kasatfas) selaku instruktur dalam pelatihan.

Kabag Ops Polres Buleleng Kompol I Nyoman Wiranata memaparkan situasi keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Buleleng dan tempat objek sasaran pengamanan. Disampaikan, Operasi Lilin Agung dilaksanakan selama 12 hari untuk menjamin keamanan masyarakat selama momen Natal dan pergantian tahun.

“Tujuan Operasi terjaminnya rasa aman masyarakat sebelum, pada saat dan sesudah Natal tahun 2023 dan tahun baru 2024 dari segala potensi ancaman dan gangguan. Baik dalam melaksanakan ibadah, mudik dan wisata, dengan terjaminnya keselamatan dan kesehatan,” ujarnya.

Dalam operasi ini, Polres Buleleng mendirikan pos pengamanan di Taman Kota Singaraja dan Pos Pelayanan di Terminal Banyuasri. Pengamanan akan dilakukan di 5 gereja besar di Buleleng yaitu Gereja Pante Kosta, Gereja Santo Paulus, Gereja Kemah Injil, GPIB (Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat), dan GKPB (Gereja Kristen Perjanjian Baru).

Antisipasi akan dilakukan dengan sterilisasi oleh personel di tempat ibadah satu jam sebelum kegiatan ibadah. Personel yang melaksanakan pengamanan di gereja berkoordinasi dengan pemuda gereja untuk pemeriksaan barang bawaan terhadap umat yang melaksanakan ibadah.

Selain tempat ibadah, jelas Kompol Wiranata, polisi juga ditugaskan mengamankan tempat-tempat wisata di sembilan kecamatan yang ada di Buleleng. Pengamanan di obyek wisata yang diprediksi ramai menjadi tempat kunjungan pada momen libur perayaan Natal dan Tahun Baru.7mzk

Komentar