nusabali

Pengurus Igornas Buleleng Dilantik

Dorong Guru Olahraga Bersertifikasi

  • www.nusabali.com-pengurus-igornas-buleleng-dilantik

SINGARAJA, NusaBali - Kepengurusan Ikatan Guru Olahraga Nasional (Igornas) Kabupaten Buleleng masa bakti 2023-2026 dilantik dan dikukuhkan pada Senin (18/12). Ketua Umum Igornas Provinsi Bali I Ketut Supardanayasa melantik langsung kepengurusan masa bakti 2023-2026 di Aula SMAN 1 Singaraja.

Kepengurusan Igornas Buleleng ini pun mendorong guru-guru olahraga di Buleleng untuk mengejar sertifikasi pelatihan-pelatihan keolahragaan. “Sehingga salah satu misi mencetak calon atlet berbakat dari sekolah-sekolah dapat tercapai,” kata Ketua Umum Igornas Buleleng terpilih I Made Sumarga Jaya.

Menurutnya pembentukan Igornas secara nasional memiliki tujuan menyatukan guru olahraga di seluruh satuan pendidikan. Mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA/SMK sederajat. “Target Igornas Buleleng, seluruh guru di Buleleng minimal punya sertifikat pelatih fisik level 1. Sejauh ini baru beberapa saja dari 437 guru olahraga yang ada di Buleleng. Ini penting untuk mendukung SKP (Sasaran Kinerja Pegawai ASN) dan juga mewujudkan sekolah sebagai ujung tombak prestasi,” kata Sumarga Jaya.

Setiap tahun, lanjutnya, guru-guru olahraga memiliki tugas untuk menjaring calon atlet berbakat di masing-masing sekolahnya. Untuk menentukan keunggulan dan cabang olahraga mana yang paling cocok, guru harus memahami dan menguasai instrumen tes antropometri. Sehingga pencetakan dan arahan pembentukan atlet dari sekolah dapat tepat sasaran.

“Yang paling tahu kondisi anak-anak yang akan dicetak sebagai atlet adalah sekolah melalui guru olahraganya. Sehingga tes antropometri ini penting selain juga program kerja lain di intern organisasi,” imbuh Kepala SDN 4 Banyuasri ini.

Sementara itu dalam kepengurusan Igornas Buleleng periode 2023-2026 selain melantik Ketua Umum, juga melantik Wakil Ketua Ida Bagus Putu Widana Siswaya. Sekretaris Umum Gede Hari Wijaya, Wakil Sekretaris Umum I Gede Nova Karsawan. Bendahara Umum Nyoman Dewi Indriani dan Wakil Bendahara Umum I Komang Wirasuta serta koordinasi wilayah dan bidang-bidang. 7k23

Komentar