nusabali

RSUD Merawat 9 Pasien Covid-19

  • www.nusabali.com-rsud-merawat-9-pasien-covid-19

Tenaga kesehatan wajib memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19, melaporkan setiap ada kasus, dan mengoptimalkan pelayanan laboratorium kesehatan daerah, dan lain-lain.

AMLAPURA, NusaBali
RSUD Karangasem sejak Jumat (1/12), merawat sembilan pasien Covid-19. Namun pihak rumah sakit menyebutkan dari jumlah, keberadaan penyakit ini masih landai.

"Kasus ini masih tergolong landai. Semua pasien Covid-19 telah mendapatkan penanganan dengan baik. Tidak perlu dikhawatirkan," jelas Kadis Kesehatan I Gusti Bagus Putra Pertama, di ruang kerjanya, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Senin (18/12).

Bagus Putra meyakini Covid-19 tidak akan meluas. Sebab masyarakat Karangasem telah menjalani vaksinasi lengkap sebelumnya. "Kalau hanya muncul beberapa kasus Covid-19, itu wajar. Karena sekarang statusnya endemi," tambahnya.

Dia menjelaskan, sesuai amanat Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor : 23 Tahun 2023, tentang Pedoman Penanggulangan Corona Virus Deases 2019 (Covid-19), dan Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK 02.02/C/4815/2023, jika terjadi peningkatan kewaspadaan terhadap lonjakan kasus Covid-19, petugas langsung melakukan surveilans berbasis kejadian. Di samping itu, agar memastikan seluruh Puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya, melakukan penemuan kasus baik aktif maupun pasif. Tenaga kesehatan wajib memberikan pelayanan vaksinasi Covid-19, melaporkan setiap ada kasus, dan mengoptimalkan pelayanan laboratorium kesehatan daerah, dan lain-lain.

"Kami terus melakukan pemantauan perkembangan kasus di 12 Puskesmas RSUD Karangasem, RS Pratama, klinik dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Jangan sampai ada kasus yang terlewatkan," jelasnya.

Temuan penderita Covid-19, lanjut Bagus Putra, agar masyarakat Karangasem kembali memberlakukan protokol kesehatan. "Caranya dengan memakai masker di tempat atau fasilitas umum, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," harapnya.

Endemi Covid-19 diberlakukan, kata dia, mengacu Keppres Nomor 23 Tahun 2023. Walau masih muncul kasus Covid-19, tidak terlalu membahayakan seperti yang terjadi di masa pandemi. "Belum ada pasien Covid-19 yang komorbit," tambahnya.

Kabid Pelayanan RSUD Karangasem dr I Komang Wirya membenarkan merawat pasien Covid-19. "Pasien Covid-19, tinggal satu orang, yang lainnya telah sembuh," jelas I Komang Wirya, mantan Kepala Puskesmas Abang I.7k16

Komentar