nusabali

Bandara Terima Tambahan Rute Penerbangan

  • www.nusabali.com-bandara-terima-tambahan-rute-penerbangan

Penerbangan domestik yang baru yakni rute Bali-Kupang. Sedangkan, rute penerbangan internasional yakni Fuzhou-Bali.

MANGUPURA, NusaBali
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, kembali mendapatkan tambahan dua rute baru menuju Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Fuzhou, Republik Rakyat Tiongkok. Penambahan dua jadwal penerbangan baru itu dalam rangka menyambut periode Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Menurut General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan, mengatakan penerbangan domestik baru yang ditambahkan adalah rute Bali-Kupang, yang akan dioperasikan oleh Maskapai Air Asia. Penerbangan dengan nomor QZ 632, telah sukses terbang perdana pada Sabtu (16/12), membawa 184 penumpang dengan pesawat Airbus A320. Rute ini dijadwalkan beroperasi tiga kali seminggu, pada hari Selasa, Kamis, dan Jumat.

Selain itu, Bandara Ngurah Rai juga menyambut penerbangan internasional baru, yakni rute Fuzhou-Bali, yang dioperasikan oleh Maskapai Xiamen Air. Penerbangan perdana dengan nomor MF 8657 itu tiba di Bandara Ngurah Rai pada hari Minggu (17/12), membawa 167 penumpang dengan pesawat Boeing 737-800 Max. Rute ini dijadwalkan terbang tiga kali seminggu, pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu.

Handy menyatakan bahwa penambahan kedua rute ini sangat tepat mengingat periode Nataru merupakan puncak musim liburan dan Bali menjadi salah satu destinasi pariwisata yang paling diminati oleh wisatawan domestik maupun internasional. “Dengan penambahan rute tersebut, kami harap dapat semakin mendorong peningkatan lalu lintas penerbangan pada periode Nataru,” ujarnya.

“Semoga kedua rute terbaru ini dapat meningkatkan konektivitas Pulau Bali dengan berbagai destinasi dalam negeri maupun mancanegara, serta berkontribusi positif pada pertumbuhan sektor pariwisata, terutama selama periode peak season Nataru,” imbuh Handy.

Dia juga memperkirakan akan terjadi lonjakan jumlah penumpang selama periode Nataru, dengan rata-rata harian penumpang domestik diperkirakan mencapai 35 ribu orang, meningkat sekitar 25 persen dari waktu normal. “Kalau rata-rata harian penumpang internasional kami perkirakan mencapai 32 ribu orang atau 7 persen di atas rata-rata harian normal sebanyak 30 ribu orang,” ujarnya.

Hingga Desember 2023, dikatakan Handy, Bandara Ngurah Rai telah melayani 20 rute domestik dengan melibatkan 11 maskapai dan 37 rute internasional dengan 37 maskapai. 7 ol3

Komentar