nusabali

Nataru, Wisatawan ke Bangli Diprediksi 5.000 Orang/Hari

  • www.nusabali.com-nataru-wisatawan-ke-bangli-diprediksi-5000-oranghari

BANGLI, NusaBali - Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bangli diperkirakan akan melonjak pada penghujung tahun 2023 atau liburan hari raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli

Kabid Destinasi Wisata Disparbud Bangli I Gede Budiastawa, saat dikonfirmasi, mengatakan secara umum tidak ada target khusus jumlah kunjungan wisatawan untuk akhir tahun 2023. Namun, jika berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, maka kunjungan wisatawan mengalami peningkatan pada akhir tahun. "Pada momentum Nataru, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan terjadi selama enam hari. Tiga hari pada saat natal, dan tiga hari saat tahun baru," ungkapnya Rabu (13/12).

Menurut Budiastawa, peningkatan kunjungan wisatawan terjadi di dua Daya Tarik Wisata (DTW), yakni DTW Kintamani dan DTW Penglipuran. Untuk DTW Kintamani, normalnya dalam sehari 1500 pengunjung. Sedangkan pada saat Nataru, lonjakan Wisatawan bisa lebih dari 2000 orang sehari.

Kemudian untuk DTW Penglipuran, diperkirakan jumlah kunjungan naik hingga melebihi 2000 orang per hari. "Khususnya di DTW Penglipuran, jenis wisatawan lebih didominasi oleh wisatawan Nusantara. Sedangkan di Kintamani, lebih didominasi wisatawan asing," jelasnya.

Lebih lanjut, diperkirakan pada penghujung tahun 2023 ini jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bangli berkisar 4.000 – 5.000 orang/hari. Sementara itu, target retribusi pariwisata pada APBD 2023 Rp 45 miliar, sudah terpenuhi. Target tersebut naik Rp 10 miliar. Sejauh ini realisasi sudah Rp 48 miliar lebih atau sekitar 90 persen. ‘’Dengan sisa waktu tinggal dua pekan di akhir tahun 2023, kami optimis hanya memenuhi di angka Rp 50 miliar, karena melihat momen Nataru ini," sebutnya. 7esa

Komentar