nusabali

Dapur Terbakar, Nenek Renta Luka Bakar

  • www.nusabali.com-dapur-terbakar-nenek-renta-luka-bakar

AMLAPURA, NusaBali - Kamar dapur sekaligus tempat tidur nenek renta Ni Nengah Taman,80, di Banjar/Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Karangasem, terbakar, Selasa (12/12) pukul 01.21 Wita. Nenek Taman berhasil selamat dari kepungan api hingga hanya mengalami luka bakar pada wajah.

Nenek Taman tinggal sendirian di rumah itu. Warga pun melarikannya ke Puskesmas Manggis I di Banjar Belong, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem malam itu. Sedangkan warga dan petugas Damkar memadamkan  kobaran api hingga menghabiskan air 11.000 liter.

Malam itu, saksi I Nyoman Simpen,41, tetangga korban mendengar teriakan minta tolong. Dia langsung mendatangi lokasi dan telah menyaksikan kobaran api dari dapur milik nenek Taman.

Selanjutnya saksi Simpen memberitahukan kepada rekannya I Ketut Pasek, 37, dan membangunkan warga agar melakukan pertolongan. Dapur ukuran 6 m x 7 m yang terbakar. Kemudian bencana ini dilaporkan I Dewa Komang Parwata ke Pos Pemadam Kebakaran Karangasem diterima petugas jaga I Gede Putu, yang merupakan sopir regu 3. Lanjut, 13 anggota petugas pemadam kebakaran, diangkut 4 mobil melakukan pemadaman hingga pendinginan hingga menghabiskan air 11.000 liter. Mereka dipimpin Kasi Pemadam Kebakaran Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran Karangasem I Wayan Putu Drama Kartika.

"Saat saya datangi lokasi kebakaran, nenek Ni Nengah Taman, telah ada di luar bangunan," jelas I Nyoman Simpen.

Selanjutnya, ada warga yang mengantar Ni Nengah Taman ke Puskesmas Manggis I. Penyebab kebakaran itu diduga akibat lampu sentir yang jatuh, kemudian membakar tempat tidur, menyebabkan korban terjaga dari tidurnya.

Di dapur itu, kata Simpen, sebenarnya ada aliran listrik, hanya saja gunakan pulsa, kebetulan kemarin pulsanya habis, sehingga pemilik dapur menggunakan lampu sentir untuk penerangan. Saksi I Ketut Pasek juga mengatakan demikian. "Ya, sebelumnya korban bilang menggunakan lampu sentir untuk penerangan di dapurnya," kata I Ketut Pasek. Selama ini, kata Pasek, korban tinggal sendirian, tidak mengajak anak dan cucu. "Korban masih kuat berjalan," katanya.

Menurut Perbekel Gegelang I Made Darmayasa, korban itu tinggal di rumah milik tetangganya. "Istilahnya korban menumpang tinggal di  sana, pemilik dapur itu tinggal di Denpasar," jelasnya.

Darmayasa mengatakan korban masih menjalani perawatan di Puskesmas Manggis I. Kelian Banjar Gegelang I Made Sukerta yang sempat mengecek kondisi terakhir sang nenek Ni Nengah Taman di Puskesmas Manggis I.

Di bagian lain, kebakaran rumah terjadi di Banjar Sega, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Senin (11/12) pukul 06.00 Wita. Perbekel Bunutan I Made Suparwata mengatakan, pemilik rumah Ni Ketut Dewi, 39, telah dilaporkan warga I Komang Kariana. "Surat-surat penting terbakar, kartu KK, akta perkawinan, akta kelahiran, dan KTP. Penyebabnya api dupa, sehabis mabanten di plangkiran," jelas Suparwata.7k16

Komentar