nusabali

Kader Lawas Comeback di Golkar

  • www.nusabali.com-kader-lawas-comeback-di-golkar

Selain Dewa Suamba Negara dan Made Suantina, figur non kader Komang Suarsana juga masuk struktur DPD I Golkar Bali.

DENPASAR, NusaBali
Seperti diprediksi, sederet kader lawas dikabarkan masuk lagi dalam struktur kepengurusan DPD I Golkar Bali 2015-2020 pimpinan I Ketut Sudikerta. Dua di antara mereka adalah Dewa Made Suamba Negara dan I Made Suantina, kader lawas mantan pengurus struktural DPD I Golkar Bali 2005-2010 pimpinan Cokorda Gede Budi Suryawan (CBS).

Rapat formatur untuk susun kepengurusan DPD I Golkar Bali 2015-2020 di mana nama Dewa Suamba Negara dan Made Suantina disebut-sebut masuk struktur lagi ini digelar di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Bali, Niti Mandala Denpasar, Sabtu (2/1) sore. Rapat formatur sore itu berlangsung alot, dengan dipimpin la-ngsung Wakil Ketua Umum DPP Golkar Nurdin Halid.

Seluruh anggota tim formatur dari Bali juga hadir dalam rapat untuk menyusun struktur kepengurusan DPD I Golkar Bali hasil Musda 2015. Mereka masing-masing Ketut Sudikerta (Ketua DPD I Golkar Bali 2015-2020 terpilih yang notabene Wakil Gubernur Bali), I Wayan Geredeg (Ketua DPD II Golkar Karangasem yang sempat disepakati jadi Ketua Harian DPD I Golkar Bali 2015-2020 saat Musda 2015), I Nyoman Sugawa Korry (Ketua DPD II Golkar Buleleng sekaligus Koordinator Forum Ketua DPD II Golkar se-Bali yang juga Wakil Ketua DPRD Bali), dan I Gusti Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (fungsionaris DPP Golkar yang kini anggota DPR RI Dapil Bali).

Bocoran yang diperoleh NusaBali, Minggu (3/1), masing-masing anggota tim formatur memunculkan nama kandidat yang akan gabung kembali dalam struktur kepengurusan DPD I Golkar Bali 2015-2020. Dua nama kader lawas yang muncul dalam rapat formatur sore itu adalah Dewa Suamba Negara dan Made Suantina.

Dewa Suamba Negara adalah mantan Sekretaris DPD I Golkar Bali 2005-2010 era kepemimpinan CBS. Politisi asal Tabanan ini juga mantan Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali 2004-2009. Terakhir, Suamba Negara sempat nyalon anggota DPD RI Dapil Bali dalam Pileg 2014, namun gagal lolos ke Senayan. Sedangkan Made Suantina adalah mantan Wakil Ketua DPD I Golkar Bali 2005-2010. 

”Dewa Suamba Negara dan Made Suantina pasti masuk dan direkrut kembali jadi pengurus DPD I Golkar Bali 2015-2020. Informasinya, mereka diplot ke posisi Wakil Sekretaris DPD I Golkar,” ujar sumber NusaBali di lingkaran Golkar, Minggu kemarin.

Selain Suamba Negara dan Suantina, lanjut dia, ada juga figur independen muncul ke setruktur kepengurusan DPD I Golkar Bali 2015-2020. Di antaranya, I Komang Suarsana, tokoh muda asal Banjar Belumbang, Kelurahan Kawan, Kota Bangli yang mantan Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Bali.

Kemungkinan Komang Suarsana alias Kos masuk struktur DPD I Golkar Bali disebut-sebut sangat besar. Apalagi, saat digelar Musda Golkar Bali di Inna The Grand Bali Beach Hotel Sanur, Denpasar Selatan, 10 Desember 2015 lalu, Kos tongkrongi perhelatan sampai akhir. Bahkan, Kos yang notabene mantan wartawan ikut dalam suasana ketegangan antara kubu Sudikerta vs Geredeg saat itu. “Komang Suarsana juga masuk,” ujar sumber tadi.

Sumber yang kader militan Golkar ini menyebutkan, masa kerja tim formatur akan habis per 10 Januari 2016 nanti. Artinya, saat itu struktur lengkap kepengurusan DPD I Golkar Bali 2015-2020 sudah harus terbentuk. Saat ini, hampir semua posisi sudah mendekati final. 

Selanjutnya...

Komentar