nusabali

Ratusan Calon Anggota PPS Ikuti CAT

  • www.nusabali.com-ratusan-calon-anggota-pps-ikuti-cat

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 610 orang calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 148 des/kelurahan di Kabupaten Buleleng mengikuti seleksi tes tulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT). Pada akhir tahapan, KPU Buleleng akan menetapkan 444 orang PPS yang akan bertugas pada Pilkada 27 November 2024 mendatang.

Pelaksanaan CAT digelar bertahap sejak Rabu (15/5) sampai Sabtu (18/5) kemarin. CAT pertama diikuti oleh peserta dari Kecamatan Buleleng dan Sukasada pada Rabu (15/5) yang dipusatkan di SMKN 3 Singaraja. Disusul peserta dari Kecamatan Banjar yang digelar di SMKN 3 Singaraja, Kamis (17/5). 

Terakhir pada Sabtu (18/5) kemarin yang dilaksanakan untuk 6 kecamatan secara bersamaan. Untuk Kecamatan Tejakula, Kubutambahan dan Sawan dilaksanakan di SMAN Bali Mandara, sedangkan Kecamatan Seririt, Busungbiu dan Gerokgak di gelar di SMKN 2 Seririt. 

Ketua KPU Buleleng, Komang Dudhi Udiyana mengatakan, dalam proses seleksi PPS setelah CAT akan dilanjutkan ke tahap seleksi wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-23 Mei mendatang. Selanjutnya PPS yang terpilih akan dilantik pada  26 Mei 2024 mendatang. 


“Masing-masing desa akan ditetapkan 3 orang PPS. Itu berdasarkan hasil tes CAT dan wawancaranya, sehingga total nanti ada 444 orang PPS yang akan dilantik,” terang Dudhi. 

Dia menyebut dari proses seleksi PPS ini, ada sedikit kendala di perekrutan awal. Sesuai aturan, jumlah peserta seleksi yang mendaftar harus dua kali dari jumlah kebutuhan. Tujuannya jika ada PPS di tengah perjalanan ada hambatan yang mengharuskan dia berhenti, maka dapat segera diisi oleh PPS Pergantian Antar Waktu (PAW). 

Namun hingga batas waktu terakhir pendaftaran, peserta hanya berjumlah 610 orang. Proses tahapan seleksi akhirnya diteruskan karena waktu sudah habis. “Memang ketentuannya harus dua kali dari jumlah kebutuhan. Tetapi hingga diperpanjang dua kali pendaftarannya, tidak ada lagi yang mendaftar. Akhirnya kami lanjutkan proses seleksi karena sudah melalui beberapa tahapan perpanjangan waktu pendaftaran,” papar Dudhi.k23

Komentar