nusabali

Catur Gagal Raih Tiket PON

  • www.nusabali.com-catur-gagal-raih-tiket-pon

DENPASAR, NusaBali - Cabang olahraga (cabor) catur menambah jumlah cabor yang tak lolos ke PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Ya, para pecatur Bali ini gagal meraih tiket dalam babak kualifikasi PON beberapa waktu lalu.

Mirisnya, kegagalan tim catur dikarenakan di tim beregu putri yang diandalkan lolos PON justru turun di nomor catur standar, karena kualitas pecatur tidak merata.  Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov Percasi Bali Putu Widhiari menerangkan, tim catur putra juga gagal merebut tiket PON 2024 di babak play off. 

"Putri beregu kami hampir lolos hanya selisih tie break setengah poin dari Lampung yang lolos di peringkat delapan. Tim beregu putri yang lolos hanya tim delapan besar. Hal sama juga perorangan putra kami gagal," ungkap Putu Widhiari, Minggu (10/12)

Widhiari juga tidak memungkiri, ada beberapa tim catur putri, seperti Lampung melakukan membajak pecatur dari Jawa. Bahkan Kalimantan Timur yang langganan lolos PON juga gagal lolos PON 2024 dan berada di peringkat 16. 

"Kualitas pecatur di tim beregu putri Bali memang tidak merata. Satu tim beregu dihuni empat pecatur dan satu cadangan. Kondisi itu yang membuat pengumpulan poin untuk lolos akhirnya gagal," kata Widhiari.

Menurutnya, salah satu pecatur perorangan putri yang biasanya andalan Bali, yakni Kadek Lin Dwijayanti turun di beregu putri.  Sedangkan di bagian putra dalam babak play off, karena menempati posisi keempat, sedangkan tim putra yang lolos PON yang masuk posisi dua besar. dar

Komentar