nusabali

Dispar Rancang Penataan Kios di Serangan

  • www.nusabali.com-dispar-rancang-penataan-kios-di-serangan

Akan ada 52 kios dibangun untuk mendukung pengembangan kuliner di Desa Wisata Serangan, Kelurahan Serangan, Denpasar Selatan.

DENPASAR, NusaBali
Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Denpasar merancang penataan kios yang ada di kawasan Serangan, Denpasar Selatan. Penataan tersebut direncanakan akan dilakukan tahun 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Depasar Luh Putu Riyastiti, Minggu (10/12) mengungkapkan Pemkot Denpasar tahun depan berencana melakukan penataan kios di Serangan. Sedikitnya 52 kios akan dibangun untuk mendukung pengembangan kuliner di kelurahan ini. Pembangunan kios ini akan dilakukan di depan Kantor Lurah Serangan atau lapangan yang ada di kawasan tersebut.

Riyastiti mengatakan penataan kios ini setelah pihaknya mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) fisik dari pusat. Dana yang diterima sebesar Rp 6 miliar. Dana itu akan dialokasikan untuk penataan kawasan Serangan, terutama untuk penataan kios. “Nantinya, kios itu akan difungsikan untuk merealisasikan kampung kuliner yang ada di Kelurahan Serangan,” ucap Riyastiti.

Tahun 2024 nanti selain DAK fisik, juga ada DAK non fisik berupa pelatihan pengelola, tourist information center, dan digital marketing. Ada tiga hal yang dilakukan terhadap pengembangan Desa Wisata Serangan, yakni pertama adalah manajemen fisik berupa konstruksi kampung kuliner.  Kemudian ada manajemen SDM berupa peningkatan kapasitas building, dan ketiga adalah management social culture untuk mempertahankan heritage dan pesona wisata.

Terkait hal tersebut dikonfirmasi terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Denpasar Wayan Duaja menyambut baik program kerja yang akan dilakukan Dinas Pariwisata dalam upaya untuk mengangkat potensi kuliner yang ada di Denpasar, khususnya di Serangan. Terlebih, selama ini Serangan telah terkenal  dengan beberapa jenis kulinernya, seperti bulung, ikan, keripik klejat yang cukup digemari masyarakat.

Pihaknya juga melihat potensi wisata laut di Serangan cukup baik untuk dikembangkan lebih maksimal dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke Denpasar.

Duaja juga menyarankan perlunya melakukan penataan kios-kios yang selama ini telah ada, sehingga wajah Serangan semakin baik. “Terutama di area pintu masuk yang perlu ditata agar bisa memberikan suasana nyaman bila wisatawan berkunjung ke Pulau Penyu (Turtle Island) ini,” ujarnya. 7 mis

Komentar