nusabali

PKK Tuangkan Eco Enzyme di Danau Batur

  • www.nusabali.com-pkk-tuangkan-eco-enzyme-di-danau-batur

BANGLI, NusaBali - TP PKK Kabupaten Bangli menuangkan eco enzyme di Danau Batur, Kecamatan Kintamani Bangli, Jumat (8/12). Kegiatan ini serangkaian mendukung program Pemkab Bangli dalam pelestarian lingkungan dan menjaga kemurnian Danau Batur.

Penuangan dipimpin Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny Sariasih Sedana Arta ini juga dirangkaikan peringatan Hari Ibu, 22 Desember 2023. Acara dipusatkan di Dermaga Kedisan, dihadiri Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Ketua Bidang I TP PKK Kabupaten Bangli Ny Suciati Diar, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Se Kabupaten Bangli, Ketua Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan di Bangli, para penggiat lingkungan, dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli.

Ketua TP PKK Kabupaten Bangli Ny Sariasih Sedana Arta mengatakan eco enzyme yang dituangkan hasil produksi  pengurus PKK di kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa/kelurahan. Dia mengajak seluruh kader PKK serta seluruh masyarakat Bangli untuk memproduksi cairan eco enzyme. Bahannya dari sisa sayur dan buah di rumah masing-masing. "Bukan hanya untuk kemurnian air Danau Batur, eco enzyme juga bisa untuk keperluan rumah tangga, seperti mencuci piring dan membersihkan lantai," ungkapnya.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Bangli. Karena PKK selalu mendukung setiap gerak pembangunan di Bangli. Salah satunya, penuangan cairan eco enzyme tersebut.

Sesuai komitmen, Pemkab Bangli tahap pertama telah memproduksi 237 ton cairan eco enzyme. Cairan ini telah dituangkan secara bertahap sesuai jadwal yang telah ditentukan 145 ton. Kini TP PKK kembali menuangkan 21 ton. Upaya ini tentu telah menunjukan perubahan yang sangat signifikan terhadap kemurnian air danau, yang sebelumnya terlihat keruh, tetapi sekarang sudah mulai terlihat bening.

Kata bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini, banyak pihak berpartisipasi dalam memproduksi cairan eco enzyme. Meski tanpa menggunakan anggaran APBD ataupun anggaran desa, produksi eco enzyme tetap bisa dilaksanakan. "Ini menunjukan semangat gotong royong masyarakat Bangli sangat tinggi untuk menjaga kelestarian alam dan kemurnian air Danau Batur," imbuhnya.7esa

Komentar