nusabali

Sasar Pasar dan Saluran Irigasi

Kodim Bangli Gelar Aksi Bersih-bersih

  • www.nusabali.com-sasar-pasar-dan-saluran-irigasi

BANGLI, NusaBali - Jajaran Kodim 1626/Bangli bersama masyarakat menggelar aksi bersih-bersih sampah, Kamis (7/12). Aksi ini menyasar pasar hingga irigasi. Kegiatan ini guna mengantisipasi banjir maupun penyebaran bibit penyakit saat musim hujan.

Aksi bersih-bersih digelar di beberapa lokasi. Antara lain, di Pasar Kidul, pembersihan saluran irigasi di Banjar Tingkad Batu, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, dan lokasi lain.

Dandim 1626/Bangli Letkol Kav I Ketut Artha Negara mengatakan karya bakti digelar di Pasar Kidul karena pasar merupakan salah satu pusat perekonomian masyarakat. "Kegiatan ini sebagai realisasi dari perintah Kasad, Pangdam, Danrem untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih di pasar-pasar tradisional," ungkapnya.

Jelas Letkol Artha Negara, Desember ini memasuki musim hujan sehingga perlu dilakukan pembersihan di beberapa titik. Langkah ini pula untuk menjaga kebersihan dan kesehatan masyarakat. Terlebih lagi di pasar, banyak aktivitas masyarakat.

"Kami lakukan pembersihan, sehingga bisa membawa kenyamanan.  Kegiatan ini dilakukan juga seluruh jajaran Kodim di Indonesia. Semoga yang kami lakukan hari ini dapat bermanfaat dan memberikan dampak yang positif untuk kesehatan dan kenyamanan masyarakat," jelasnya.

Foto: Pembersihan saluran irigasi di Banjar Tingkat Batu, Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli, Kamis (7/12). -IST

Lanjutnya, selain di Pasar Kidul juga dilakukan pembersihan di Pasar Singamandawa, Kintamani. Kegiatan bersih-bersih akan dilakukan secara berkesinambungan.

Tidak hanya itu, ada pula kegiatan penanaman pohon secara serentak. Penanaman pohon sebagai langkah antisipasi tanah longsor. Setidaknya ada lebih dari 650 pohon yang akan ditanam. Pohon yang ditanam berbagai jenis. "Kami juga melakukan pembersihan saluran-saluran air, gorong-gorong yang sekiranya banyak sampahnya yang mengganggu aliran air. Ini sebagai upaya pencegahan banjir," sebutnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan terutama sampah rumah tangga. "Sampah yang tidak dibuang pada tempatnya dapat memicu bibit penyakit. Apalagi pada musim hujan saat ini. Kami juga akan berkoordinasi dengan DLH terkait layanan angkut sampah," imbuhnya.7esa

Komentar