nusabali

Bersihkan Sungai dan Tanam Pohon di Tukad Rangda, BRI Ajak Peduli Lingkungan

  • www.nusabali.com-bersihkan-sungai-dan-tanam-pohon-di-tukad-rangda-bri-ajak-peduli-lingkungan

DENPASAR, NusaBali.com - Bank BRI Regional Office Denpasar berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Denpasar dan masyarakat mengadakan aksi bersih-bersih sungai dan penanaman pohon di Tukad Rangda, Kelurahan Panjer, Denpasar, Senin (4/12/2023).

Aksi ini merupakan bagian dari program ‘Jaga Sungai Jaga Kehidupan Kolaborasi BRI Menanam’ yang diselenggarakan BRI dalam rangka memperingati HUT ke-128.

Regional CEO BRI Denpasar Recky Plangiten menjelaskan, program ini dilaksanakan di 100 titik sungai di seluruh Indonesia. “Khusus untuk Regional Bali, NTB, dan NTT, program ini diselenggarakan di 6 titik sungai,” ujar Recky.

Enam sungai tersebut yakni, Tukad Rangda Kelurahan Panjer, Denpasar, Tukad Teba Desa Pemecutan Kelod, Denpasar,Tukad Ijo Gading Kelurahan Loloan Timur, Jembrana, Tukad Babakan, Desa Kusamba, Klungkung, Kali Jangkuk, Kelurahan Dasan Agung Mataram, Sungai Dendeng, Kelurahan Air Mata, Kota Kupang.

Pada aksi di Tukad Rangda, puluhan karyawan BRI bersama masyarakat setempat membersihkan sungai dari sampah plastik, sampah rumah tangga, hingga limbah industri. Sampah yang terkumpul kemudian diangkut menggunakan truk sampah.

Selain bersih-bersih sungai, BRI juga menanam 100 bibit pohon produktif di bantaran sungai. Pohon-pohon tersebut diharapkan dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya banjir.

Selain itu diberikan materi edukasi lingkungan sehat dan pengelolaan sampah. BRI pun menyerahkan bantuan berupa tong sampah terpilah dan alat-alat kebersihan kepada Kelurahan Panjer. 

Recky mengatakan, program ini merupakan wujud kepedulian BRI terhadap lingkungan. BRI menyadari bahwa sungai merupakan sumber kehidupan yang penting, namun kini kondisinya semakin memprihatinkan.

“Sungai yang dulunya memiliki aliran air yang bersih, kini tercemar oleh sampah. Akibatnya, saat musim hujan tiba, sering terjadi banjir di pemukiman warga,” ujar Recky.

Recky pun berharap, aksi ini dapat menginspirasi dan mendorong semua pihak untuk bersama-sama menjaga lingkungan.

“Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan sungai agar ekosistem sungai dapat terjaga dan fungsi sungai sebagai sumber kehidupan kembali,” ajak Recky.

Komentar