nusabali

Petugas Gelar Ramp Check Kendaraan Penumpang

Persiapan Jelang Nataru di Terminal Mengwi

  • www.nusabali.com-petugas-gelar-ramp-check-kendaraan-penumpang

Kendaraan yang lolos ramp check akan diberikan stiker laik jalan. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat diminta untuk segera melengkapi.

MANGUPURA, NusaBali
Terminal Tipe A Mengwi bersiap untuk kedatangan dan keberangkatan penumpang menjelang libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru). Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang, kendaraan yang akan mengangkut para penumpang dilakukan proses ramp check, Selasa (5/12).

Pengawas Terminal Tipe A Mengwi Ardani Nirwesti, mengatakan ramp check atau pengecekan kendaraan ini untuk memeriksa unsur teknis seperti lampu penerangan, pengereman, badan kendaraan, kondisi ban, perlengkapan, klakson, dan lainnya. Hasil pemeriksaan laik jalan ini dalam rangka mengoptimalkan keselamatan perjalanan selama liburan Nataru.

“Kami pengujian ramp check terkait kesiapan Nataru, sesuai arahan pusat dari 7 November hingga 22 Desember mendatang. Langkah-langkah ini untuk memastikan kesiapan dan keamanan armada dalam mengangkut penumpang nantinya,” ujar Ardani saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (5/12).

Menurut Ardani, kendaraan penumpang yang lolos ramp check akan diberikan stiker laik jalan. Sedangkan untuk kendaraan yang tidak memenuhi syarat diminta untuk segera melengkapi. “Jadi stiker laik jalan akan langsung dipasang jika lolos ramp check,” ucapnya.

Sementara itu, terkait posko terpadu Nataru, kata Ardani, akan didirikan menjelang Nataru. Posko ini akan melibatkan sejumlah instansi terkait, seperti kepolisian, TNI, Dishub dan instansi terkait lainnya.

“Terkait dengan persiapan Nataru akan dilakukan mulai H-10 hingga H+10 Nataru. Kami juga telah menyiapkan Posko Nataru hingga 3 Januari mendatang dengan melibatkan berbagai unsur dari pihak kepolisian, TNI, dan Msspida lainnya,” tegasnya.

Di sisi lain, hingga November 2023 pergerakan penumpang tertinggi di Terminal Mengwi, pada keberangkatan mencapai 67 bus dengan 1.600 penumpang, sedangkan pada kedatangan sebanyak 55 bus dengan 1.273 penumpang. “Kalau Nataru tahun lalu sebanyak 20-30 di keberangkatan, dan kedatangan 40-50 bus,” kata Ardani. 7 ind

Komentar