nusabali

Kini, Pelanggan Mulai Dapat Air

Rumah Pompa Perumda Tersambar Petir

  • www.nusabali.com-kini-pelanggan-mulai-dapat-air

BANGLI, NusaBali -  Beberapa waktu lalu, rumah pompa milik Perumda Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli tersambar petir. Kerusakan pompa menyebabkan layanan untuk pelanggan di Desa Demulih dan Abuan Kecamatan Susut, terganggu. Kini, perbaikan sudah rampung. Pelanggan air pun sudah mendapatkan pasokan air.

Kabag Administrasi dan Keuangan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Gusti Agung Jelantik Sutha Baskara, saat dikonfirmasi, menyampaikan dua mesin pompa untuk daerah layanan Desa Demulih Dan Abuan, Kecamatan Susut yang tersambar petir mengakibatkan sebagian besar pelanggan di dua desa tersebut tidak teraliri air. Total jumlah pelanggan di dua desa tersebut sekitar 2.000 pelanggan.

Pihak Perumda telah melakukan pergantian mesin pompa yang rusak. "Begitu ada laporan kerusakan, kami langsung hubungi beberapa vendor. Mesin pompa  didatangkan langsung dari Surabaya sudah kami terima dan kini tahap pemasangan,” ungkapnya, Minggu (3/12).

Sementara itu, untuk proses pemasangan mesin pompa dan inverter memerlukan waktu sehari. Setelah dikerjakan untuk pemasangan mesin pompa daerah layanan Desa Demulih sudah rampung dan air sudah mulai mengalir. Kemudian, pemasangan mesin pompa daerah layanan Abuan juga langsung dikerjakan.

‘’Untuk perbaikan pompa ini dibutuhkan anggaran ratusan juta. Satu unit pompa berikut inverter sekitar Rp 280 juta," jelasnya.

Terkait antisipasi perangkat mesin pompa di beberapa sumber mata air agar tidak tersambar petir, Agung Baskara mengatakan hanya bisa dilakukan dengan cara melengkapi rumah pompa dengan penangkal petir. "Sudah ada beberapa rumah pompa  dilengkapi  dengan penangkal petir. Terutama posisi rumah pompa di daerah ketinggian,” ujarnya.7esa

Komentar