nusabali

Aliansi Mahasiswa Papua di Bali Unjuk Rasa

  • www.nusabali.com-aliansi-mahasiswa-papua-di-bali-unjuk-rasa
  • www.nusabali.com-aliansi-mahasiswa-papua-di-bali-unjuk-rasa

DENPASAR, NusaBali.com - Aliansi Mahasiswa Papua Bali menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Raya Puputan, Renon, Denpasar, Jumat (1/12/2023) pagi.

Terpantau di lokasi, pihak kepolisian mengerahkan ratusan personel, 2 anjing pelacak, termasuk 2 kendaraan taktis untuk mengawal jalannya aksi tersebut.

Aksi yang dilaksanakan sejak Jumat pagi hingga siang berjalan cukup aman dan tenang. Massa pengunjuk rasa sempat meminta pihak keamanan memberikan ruang dan waktu untuk berorasi dan menyampaikan deklarasi di depan Konsulat Amerika Serikat di Jalan Hayam Wuruk. Namun permintaan itu tidak dikabulkan.

Dalam kesempatan yang sama, Hery Meaga (23), Juru Bicara dari aksi itu menyampaikan bahwa kegiatan ini dibuat untuk memperingati HUT ke-62 bangsa Papua. 

Dalam aksi itu Aliansi Mahasiswa Papua membawa 15 poin deklarasi. “Kami hanya menuntut, kalau memang negara Indonesia benar negara demokrasi, kembalikan kedaulatan hak politik. Itu tuntutan utamanya,” jelas Hery.

Selain itu, Hery juga menambahkan, banyaknya pelanggaran HAM yang terjadi di tanah Papua juga menjadi salah satu alasan krusial dari diadakan aksi tersebut. 

Aksi ini melibatkan semua mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua. “Diperkirakan sekitar 70 sampai 80 orang mahasiswa yang tergabung,” terang Hery.

Deklarasi atau pernyataan sikap Aliansi Mahasiswa Papua akhirya dibacakan di ruas Jalan Raya Puputan. Setelah pembacaan deklarasi, para mahasiswa ini pun meninggalkan lokasi secara tenang dan tertib sekitar pukul 12.17 Wita. *ol4

Komentar