nusabali

Bandara Kebut Uji Coba Bayar Parkir Manless Nontunai

Pastikan Per 1 Desember Berlaku Penuh

  • www.nusabali.com-bandara-kebut-uji-coba-bayar-parkir-manless-nontunai

MANGUPURA, NusaBali - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Tuban, Kuta, Badung secara resmi mengumumkan bahwa akan mengimplementasikan pembayaran parkir non tunai tanpa awak (manless) secara penuh mulai 1 Desember 2023.

Keputusan itu diambil setelah berhasil melakukan uji coba pembayaran parkir menggunakan kartu uang elektronik sejak 9 November 2023.

General Manager Bandara Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan, menyatakan bahwa langkah familiarisasi kepada pengguna jasa akan menjadi fokus utama guna meningkatkan transaksi non tunai yang telah mencapai rata-rata 40 persen per hari setelah uji coba dilakukan. Menurutnya, upaya ini bertujuan untuk mempercepat peralihan ke transaksi non tunai dan menciptakan pengalaman parkir yang lebih efisien.

Sebagai persiapan untuk pelaksanaan penuh, Handy menekankan perlunya pengguna jasa menggunakan kartu uang elektronik dalam transaksi pembayaran parkir. “Uji coba dan sosialisasi telah kami laksanakan dengan hasil peningkatan penggunaan kartu uang elektronik hingga dua kali lipat. Saat ini, sebagai upaya untuk mendorong lagi penggunaan transaksi non tunai, kami akan melaksanakan familiarisasi kepada pengguna jasa di jam-jam tertentu mempertimbangkan volume kendaraan pada area masuk maupun keluar bandara,” jelas Handy pada, Kamis (23/11).

Lanjut Handy, langkah familiarisasi itu melibatkan penggunaan kartu uang elektronik (tap in) di jam tertentu dengan memperhatikan volume kendaraan yang masuk bandara. Petugas akan memberikan informasi di setiap pintu masuk kendaraan. Sementara, untuk pengendara yang belum memiliki kartu uang elektronik, petugas akan membantu proses pembelian kartu dan pengisian saldo.

“Telah terpasang mesin dispenser untuk menempelkan kartu uang elektronik atau tap in pada seluruh gate di area masuk kendaraan. Sehingga harapan kami pengguna jasa sudah dapat mulai beralih menggunakan kartu uang elektronik karena fasilitas telah tersedia. Proses masuk akan sama seperti saat kita masuk pintu tol,” terang Handy.

Kemudian, Handy mengungkapkan jika pengendara yang telah menempelkan kartu uang elektronik saat masuk hanya perlu menempelkan kartu yang sama di pintu keluar dan saldo otomatis akan terpotong. Handy berharap, semua proses digitalisasi pembayaran non tunai ini mampu membuat proses transaksi parkir kendaraan di Bandara I Gusti Ngurah Rai lebih sederhana, efektif, dan ramah lingkungan.

“Kami kembali mengimbau kepada pengguna jasa yang belum melakukan transaksi parkir non tunai agar menyiapkan kartu uang elektronik dan memastikan saldo mencukupi karena masa uji coba akan segera berakhir pada akhir November,” pungkasnya. Sebagai informasi tambahan, adapun kartu uang elektronik yang dapat digunakan untuk pembayaran parkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai adalah e-Money Bank Mandiri, Brizzi dari Bank BRI, Tap Cash dari BNI, dan Flazz dari BCA. Kartu uang elektronik ini dapat dibeli dan diisi ulang saldonya di kantor bank atau minimarket. Selain itu, kartu uang elektronik BCA, BRI, BNI, dan Bank Mandiri tersedia dan dapat dibeli melalui petugas di pintu masuk dan keluar Bandara Ngurah Rai. 7 ol3

Komentar