nusabali

Pesona Indonesia Expo di Beachwalk: Promosikan Budaya Indonesia hingga ke Mancanegara

  • www.nusabali.com-pesona-indonesia-expo-di-beachwalk-promosikan-budaya-indonesia-hingga-ke-mancanegara
  • www.nusabali.com-pesona-indonesia-expo-di-beachwalk-promosikan-budaya-indonesia-hingga-ke-mancanegara

MANGUPURA, NusaBali.com - Pesona Indonesia Expo kembali digelar tahun ini di Bali. Acara yang diselenggarakan oleh Pelita MICE ini berlangsung selama 5 hari, mulai dari 22 hingga 26 November 2023 di Oasis Stage, Beachwalk Shopping Center Kuta.

Gelaran di Pulau Dewata ini menjadi event ketiga tahun ini setelah di Surabaya dan Manado. Pesona Indonesia Expo sendiri  merupakan event tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan wisata ekonomi kreatif dari pelaku UMKM di Indonesia. Dalam gelarannya yang ke-8 ini, mengangkat tema ‘Pesona Budaya Indonesia’.

Pada pembukaan di Bali, Irvan Wu, Ketua Panitia sekaligus founder Pelita MICE, menyampaikan bahwa event ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia yang beragam kepada masyarakat luas, baik di dalam maupun luar negeri.

"Kami melihat ada banyak potensi budaya yang ada di Indonesia, namun juga banyak masyarakat kita belum banyak mengenal budaya apa yang sebenarnya ada," ujar Irvan. 

"Bali mungkin belum paham budaya Papua, begitu sebaliknya. Kita berkeliling ini untuk  mencari bakat baru dan memperkenalkan budaya yang sangat bagus sekali hanya mungkin lebih banyak perform di dalam area masing-masing."

Dalam gelarannya di Bali,  Pesona Indonesia Expo  menghadirkan berbagai macam acara, mulai dari fashion show, lomba, pertunjukan seni, hingga kunjungan ke tempat wisata baru.

Salah satu acara yang menarik perhatian adalah Mrs Global World Indonesia, kontes kecantikan yang khusus diikuti oleh perempuan yang sudah menikah. Kontes ini bertujuan untuk mempromosikan budaya Indonesia dan program amal yang mendukung kebaikan hati seorang ibu.

Selain itu, Pesona Indonesia Expo juga mengundang rekan negara tetangga Malaysia, Singapura, Australia, dan Korea Selatan untuk perform di acara ini.

"Kami berharap Bali yang sudah sangat terkenal di mancanegara bisa menjadi pintu gerbang untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia," ujar Irvan.

Pesona Indonesia Expo ini akan terus digelar hingga akhir tahun 2023 dan akan ditutup di Medan pada bulan Agustus 2024. Selain itu, Pelita MICE juga akan menggelar program unik baru bernama Pesona Ramadan Nusantara di Makassar. Program ini akan memperkenalkan budaya dan pariwisata halal yang belum banyak diketahui masyarakat luas.


Luh Made Winda, Marketing & Communications Head Beachwalk (kiri) dan Irvan Wu selaku Ketua Panitia Pesona Indonesia Expo. -MAO

Sementara itu Luh Made Winda, Marketing & Communications Head Beachwalk menyambut gembira kehadiran event ini. Pasalnya, konsep pengenalan budaya Nusantara juga menjadi karakter yang diusung oleh mall yang setiap harinya didatangi sekitar 25.000 pengunjung ini.

Diakui bahwa di sinilah citra Indonesia bisa ditatap oleh dunia, mengingat lokasi Beachwalk yang berada di destinasi sangat dikenal di dunia; Kuta.

Di sisi lain, beragam pengunjung Beachwalk cukup banyak dari generasi milenial. “Gen Z perlu diperkenalkan budaya Indonesia, jadi event seperti ini pas untuk memperkenalkan,” kata Winda.

“Kita welcome, bahagia, mendukung acara seperti ini,” tuntas Winda.


Komentar