nusabali

Jepang Lolos 16 Besar, Argentina di Puncak

  • www.nusabali.com-jepang-lolos-16-besar-argentina-di-puncak

BANDUNG, NusaBali - Timnas U-17 Jepang akhirnya lolos ke babak 16 besar, sedangkan Argentina berhasil memuncaki klasemen Grup D Piala Dunia U-17.

Jepang mengalahkan Senegal pada matchday ketiga Grup D, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (17/11) petang WITA. Jepang menang 2-0 lewat pertandingan yang berjalan cukup menarik.

Pada babak pertama, kedua tim sama-sama bermain terbuka. Senegal mengandalkan Idrissa Gueye di lini serang. Sebelumnya Gueye mencetak hattrick saat Senegal menang 4-1 atas Polandia.

Jepang akhirnya tampil sebagai pemenang dalam laga kali ini. Pasukan Yoshiro Moriyama menang 2-0. Dua gol itu diborong pemain pengganti, Rento Takaoka, yang masuk pada menit ke-55, lalu mencetak gol pada menit ke-62 dan 72.

Ya, pencapaian Jepang ini tidak lepas dari kontribusi masif Rento Takaoka. Jepang mencetak empat gol dari tiga laga fase grup dan keempat gol tersebut diborong Takaoka.

Menariknya, dari tiga laga yang dimainkan, Takaoka tidak pernah masuk dalam starting eleven. Dia selalu bermain dari bangku cadangan. Takaoka pun menjadi supersub bagi Jepang di Piala Dunia U-17 ini.

Sementara itu, Argentina sukses melumat Polandia 4-0 pada laga matchday 3 Grup D di Jakarta International Stadium, juga Jumat sore.

Kemenangan telak itu tak diraih dengan mudah karena Polandia memberikan perlawanan cukup sengit.

Gol-gol Argentina dicetak empat pemain berbeda. Mereka adalah Thiago Ezequiel Laplace, Agustin Fabian Ruberto, Ian Martin Subiabre, dan Santiago Lopez.

Hasil itu membuat Argentina menjadi pemuncak klasemen akhir Grup D dengan enam poin dari tiga laga dan memastikan juga mengunci tiket ke 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Kanada yang di laga sebelumnya dipastikan angka koper, tanpa kemenangan selama fase grup.

Menariknya, dua tim lainnya di grup D juga lolos ke 16 besar. Senegal yang memastikan lolos paling awal, juga memiliki enam poin dan menjadi runner up grup D. Jepang yang mengalahkan Senegal 2-0, juga lolos ke babak 16 besar dengan status sebagai salah satu peringkat tiga terbaik. 

Jepang memiliki 6 poin, dan di posisi tertinggi dari empat tim peringkat tiga, yakni Iran (3 poin, yang sedang menghadapi Kaledonia Baru, red.), Usbekistan (4, lolos), dan Indonesia (2 poin).  Posisi Indonesia terancam tergeser oleh Meksiko ( 1 poin) dan Korea Selatan (0 poin), jika menang dalam laga terakhir pada hari Sabtu (18/11) sore dan malam. ant

Komentar