nusabali

2 Pengawas SMA/SMK Menilai Kinerja 19 Kasek

  • www.nusabali.com-2-pengawas-smasmk-menilai-kinerja-19-kasek

AMLAPURA, NusaBali - Dua tenaga pengawas SMA dan SMK menilai 19 kasek SMA dan SMK negeri dan swasta se-Kabupaten Karangasem. Kedua pengawas ini I Wayan Suanta pengawas SMA dan I Nyoman Tegteg yang pengawas SMK.

Pengawas SMA I Wayan Suanta mengatakan, setelah mengawali melakukan penilaian kinerja kepala sekolah di SMKN Manggis, Rabu (15/11), secara teknis tidak ada kendala. "Sebab ini kegiatan rutin setiap tahun. Sebulan sebelumnya saya telah melakukan pemberitahuan kepada sekolah bersangkutan karena penilaiannya sehari," jelasnya, di Amlapura, Jumat (17/11). Bagi sekolah penggerak, katanya, wajib mengimbaskan ke sekolah terdekat.

Kasek SMKN Manggis I Nyoman Wage mengaku telah menjalani penilaian kinerja kepala sekolah. "Kendalanya hanya pengimbasan hasil penilaian itu, belum optimal saya lakukan. Sebaiknya ilmu yang kami dapatkan berimbas ke SMK lain," jelas I Nyoman Wage di ruang kerjanya, Banjar Tengading, Desa Antiga, Kecamatan Manggis.

Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMAN Kabupaten Karangasem Wayan Sugiana membenarkan, seluruh Kasek SMA dan SMK menjalani penilaian. "Penilaiannya mulai Rabu (15/11) dan berakhir Selasa (12/12)," jelas Wayan Sugiana yang juga Kasek SMAN 3 Amlapura di ruang kerjanya, Banjar Delod Sema, Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem.

SMAN 3 Amlapura sendiri, jelas dia, dapat agenda penilaian, Selasa (5/12). "Secara teknis kami telah melakukan persiapan, baik persiapan administrasi, persiapan foto-foto dan video penunjang," tambah mantan Kasek SMAN 1 Amlapura dan SMAN 2 Amlapura tersebut.

Sugiana menambahkan, persiapan lainnya, telah mengisi instrumen, sebelumnya ada enam komponen dan kali ini diciutkan menjadi empat komponen. Empat komponen dimaksud yakni pengembangan diri dengan orang lain, kepemimpinan pembelajaran, kepemimpinan manajemen sekolah, dan kepemimpinan pengembangan sekolah. "Dalam penilaian nanti, kami hadirkan siswa, guru, dan orangtua siswa, untuk dikroscek," tambahnya.

Di bagian lain, Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana juga mengaku dapat jadwal penilaian, Selasa (5/12). Dalam penilaian nanti juga petugas pengawas mengecek 5 kompetensi kasek yang telah berjalan, menyangkut kompetensi kepribadian, managerial, supervisi, kewirausahaan dan sosial. Hal itu mengacu Permendikbud Nomor 13 Tahun 2007. "Semua instrumen penilaian telah saya siapkan," jelasnya.

Termasuk, jelas Marta Ariana, menyangkut kompetensi kepribadian. Misalnya, kasek mesti berakhlak mulia, memiliki integritas, dan bersikap terbuka. Sedangkan kemampuan sebagai managerial, agar mampu menyusun perencanaan, mampu mengembangkan organisasi sekolah, dan mampu memimpin sekolah.7k16

Komentar