nusabali

Mahayastra Vs Gus Gaga di Gianyar

Sama-sama ‘Panglima’ Tim Pemenangan Capres-Cawapres

  • www.nusabali.com-mahayastra-vs-gus-gaga-di-gianyar
  • www.nusabali.com-mahayastra-vs-gus-gaga-di-gianyar

Agus Mahayastra sudah pengalaman tempur, baik di Pemilu Legislatif maupun di Pilkada. Sementara Gus Gaga juga sama, sudah punya pengalaman tempur di Pileg 2019

GIANYAR, NusaBali
Duel seru Pilpres 2024 tidak hanya mempertarungkan sosok Capres-Cawapres. Di daerah, baik kabupaten/kota dan provinsi akan menjadi adu lihai para Ketua Tim Pemenangan. Di Kabupaten Gianyar misalnya, akan menjadi tarung seru antara I Made Agus Mahayastra dengan Ida Bagus Gaga Adi Saputra alias Gus Gaga. Keduanya akan membuktikan keperkasaan memimpin tim pemenangan yang secara kebetulan dibentuk dalam waktu bersamaan, Kamis (9/11).

Mahayastra adalah politisi kawakan asal Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Gianyar yang merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Gianyar. Bupati Gianyar periode 2018-2023 yang disebut-sebut akan tarung lagi di Pilkada 2024 ditunjuk partainya menjadi ‘Panglima Perang’ Tim Pemenangan Capres-Cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) untuk wilayah Kabupaten Gianyar. Pasangan Ganjar-Mahfud diusung PDIP, PPP, Perindo dan Hanura.

Sementara Gus Gaga adalah politisi asal Kelurahan/Kabupaten Gianyar merupakan Sekretaris DPC Partai Demokrat Gianyar yang saat ini duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Gianyar. Mantan Sekda Gianyar ini akan memimpin Tim Pemenangan Capres-Cawapres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) yang diusung Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PBB, Partai Gelora, PSI, Partai Garuda. 

Pembentukam Tim Pemenangan Capres-Cawapres, Ganjar-Mahfud dan  pasangan Prabowo-Gibran digelar hampir dalam waktu bersamaan di tempat sekretariat tim masing-masing. Agus Mahayastra sudah pengalaman tempur ,baik di Pemilu Legislatif maupun di Pilkada. Sementara Gus Gaga juga sama, sudah punya pengalaman tempur di Pileg 2019. Dia politisi yang punya pengalaman memimpin birokrat di Kabupaten Gianyar. Sehingga PDIP perlu mewaspadai jaringan-jaringan Gus Gaga yang masih hidup dan menjadi sumbu pemenangan Prabowo-Gibran di Gianyar. Saat memimpin Tim Prabowo-Gibran, Gus Gaga akan dibantu oleh 8 pimpinan partai politik (parpol) koalisi.

Ketua DPC Partai Gerindra Gianyar, I Wayan Tagel Arjana usai rapat tim pemenangan di Sekretariat Gerindra Gianyar mengatakan, sosok Gus Gaga sangat pantas menyandang sebagai ketua tim. Seluruh aspek dan syarat bagi Gus Gaga menjadi ‘panglima perang’ kata Tagel Arjana terpenuhi. “Figur beliau (Gus Gaga) pengalaman di eksekutif maupun legislatif sudah tidak diragukan lagi. Sepak terjang beliau juga sudah dikenal masyarakat luas,” ungkap Tagel. 

Yang menarik, kata Tagel Arjana, koalisi pengusung Capres-Cawapres, Prabowo-Gibran akan dijadikan cikal bakal mengusung Calon Bupati-Wakil Bupati di Pilkada Gianyar 2024.
“Partai koalisi memberikan kepercayaan penuh kepada Gus Gaga untuk memenangkan Prabowo-Gibran di Gianyar. Selain memenangkan Prabowo-Gibran dan memenangkan legislatif, kita juga ke depan berharap koalisi ini bisa menjadi koalisi permanen di Pilkada 2024 agar ada perubahan di Gianyar. Kami berani menyatakan, harus ada perubahan di Gianyar,” tegas Anggota Komisi I, Fraksi Gerindra DPRD Bali periode 2014-2019 ini.

Sementara Gus Gaga begitu ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan menyatakan siap all out untuk Prabowo-Gibran. Usai rapat pembentukan tim pemenangan, Gus Gaga mengatakan akan membentuk tim kecil untuk melengkapi tim pemenangan yang mengakomodir 8 partai koalisi. Disamping itu, Gus Gaga akan merekrut tokoh-tokoh independen, yang dianggap sejalan dengan visi misi Prabowo-Gibran. 

“Jadi kita tidak hanya menerima tokoh-tokoh yang duduk di struktur partai, tapi juga menerima tokoh-tokoh yang berada di luar partai yang posisinya independen,” ujar politisi yang mantan Camat Gianyar tahun 2004 ini.

Gus Gaga sempat membeber dirinya terpilih sebagai ketua tim pemenangan secara aklamasi karena penugasan partai. “Bukan diputuskan langsung hari ini (kemarin,red). Ini adalah penugasan, beberapa kali saya sudah dipanggil oleh partai. Saya sendiri yang langsung berkomunikasi dengan partai koalisi, akhirnya saya putuskan, saya harus pegang ketua tim pemenangan,” jelas jebolan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) ini. 


Sementara pembentukan Tim Pemenangan Capres-Cawapres, Ganjar-Mahfud di Sekretariat DPC PDIP Gianyar dihadiri pimpinan partai koalisi. Susunan Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud cukup gemuk. Ketua Tim Pemenangan Mahayastra akan di-backup Sekretaris Tim, I Ketut Sudarsana yang notabene merupakan Sekretaris DPC PDIP Gianyar. Kemudian ada Wakil Ketua Tim Pemenangan, Ngakan Ketut Putra yang merupakan Ketua DPC Perindo Gianyar. Ngakan Putra, pernah pengalaman sebagai Ketua Tim Kampanye Capres-Cawapres, Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla (SBY-JK), Kabupaten Gianyar di Pilpres 2004 silam. Selain Ngakan Putra, dalam tim koalisi pengusung Ganjar-Mahfud juga bergabung I Kadek Satria Dwi Pranayoga, dari Partai Hanura. Dwi Pranayoga dipercaya sebagai Wakil Sekretaris Tim Pemenangan. Sementara Bendahara Tim Pemenangan dipercayakan kepada Ni Made Ratnadi dengan wakilnya Syahrin dari PPP.  

“Sesuai instruksi DPP dari masing-masing partai, kami ada empat partai pengusung, rapat hari ini (kemarin,red) berkomitmen untuk memenangkan pasangan Capres-Cawapres Ganjar-Mahfud,” ujar Sudarsana.nvi

Komentar