nusabali

Desa Wisata Taro Bersiap Sambut Nataru

  • www.nusabali.com-desa-wisata-taro-bersiap-sambut-nataru
  • www.nusabali.com-desa-wisata-taro-bersiap-sambut-nataru

Bikin wisatawan tambah nyaman dengan fasilitas pendukung dan aksesbilitas

DENPASAR, NusaBali
Desa Wisata Taro, salah satu desa wisata di Kabupaten Gianyar, siap menyambut kemungkinan luberan kunjungan wisatawan terkait Natal dan Tahun Baru (Nataru). Persiapan tersebut diantaranya menambah fasilitas pendukung dan aksesbilitas untuk wisatawan.

Diantaranya memperbanyak  papan petunjuk arah  menuju objek. Termasuk  unit  2 toilet  di daya tarik Semara Ratih, bambu  dan  Lembu Putih.

Ketua Kelompok  Sadar Wisata (Porkdarwis) Desa Wisata Taro I Wayan Gede Ardika mengatakan Rabu (8/11).

“Melihat trend kemungkinan kunjungan wisatawan akan  bertambah,” ujarnya.

Karena itulah fasilitas penunjang dibangun lagi menambah dan melengkapi fasilitas  penunjang sudah ada sebelumnya.

“Tujuannya agar wisatawan  bisa menikmati suasana dengan aman dan nyaman,” lanjutnya.

Fasilitas lainnya adalah  home stay untuk wisatawan yang mau tinggal. Salah satunya adalah Lembu Putih Farm Stay, yang dikelola Pokdarwis. Juga home stay yang dikelola warga berkolaborasi dengan Pokdarwis.

“Ada 26 unit home stay milik warga untuk  tamu yang mau  menginap,” terangnya.

Ada berbagai paket wisata  di Desa Taro. Diantaranya paket  Wisata Tirta, Desa Wisata, Studi Banding, Cycling, Trekking dan Adventure, Autbond, Akomodasi dan Paket UMKM. “Memang di sini banyak daya tarik,”ujarnya.

Perbekel Taro, I Wayan Warga menyatakan hal senada. Difasilitasi Bank Indonesia, Desa Taro, bersama Desa Tampaksiring (keduanya dari Kabupaten Gianyar) serta Desa Sudaji dan Pemuteran (Buleleng) bekerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali.

Kerjasama tersebut antara lain untuk pengembangan. Salah satunya  membantu mempromosikan desa wisata.

”Sehingga promosi semakin masif, sehingga kunjungan wisatawan semakin meningkat,” ujarnya. Harapannya, tentu saja  dampak langsung pariwisata, dapat dirasakan langsung masyarakat desa.

Tahun 2022 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Desa Taro sebanyak 15.707 wisatawan. Dari jumlah tersebut pemasukan yang diterima sebesar Rp80.974.500.

Dan tahun 2023 ini, Desa Taro mencatatkan prestasi lumayan, yakni masuk sebagai Best Villages Tourism dari UNWTO (United Nations World Tourism Organization) sebagai anggota The Best Tourism Villages Upgrade Program 2023,yang ditetapkan di Madrid, Spanyol, 18 Oktober 2023. Sebelumnya Desa  Taro, termasuk salah satu dari 8  desa wisata yang  mewakili Indonesia dalam lomba Best Tourism Villages UNWTO 2023. K17.

Komentar