nusabali

DAK Jalan Bangli 2024 Turun Rp 4 Miliar

  • www.nusabali.com-dak-jalan-bangli-2024-turun-rp-4-miliar

BANGLI, NusaBali - Tahun anggaran 2023, Kabupaten Bangli mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk jalan Rp 12 miliar. Namun untuk tahun 2024 terjadi penurunan jumlah DAK jalan, yakni hanya Rp 8 miliar. Penurunan ini karena Bangli masuk lokasi prioritas bidang pariwisata.

Hal tersebut disampaikan Kabid Bina Marga Dinas PUPR Perkim Bangli I Wayan Lega Suprapto, Senin (6/11). Kata dia, anggaran dari Kementerian Keuangan kini difokuskan untuk pembangunan IKN hingga berpengaruh terhadap anggaran ke daerah-daerah.

Jelasnya, anggaran Rp 8 miliar itu akan dipakai untuk peningkatan ruas jalan Mancingan – Selat, panjang hampir 11 km. Mengacu Rencana Anggaran Biaya (RAB), jalan tersebut membutuhkan anggaran Rp 12 miliar. Namun karena anggaran yang didapatkan dari pusat hanya Rp 8 miliar sehingga perbaikan jalan ini tidak bisa tuntas. "Sesuai aturan, penggunaan dua mata anggaran berbeda dalam setahun jelas tidak diperbolehkan," jelasnya.

Kata Lega Suprapto, tahun ini ada kegiatan fisik di Bangli yang bersumber dari DAK jalan, yakni hotmix ruas jalan Pludu-Belancan, Belancan-Kintamani di Kecamatan Kintamani, dan Serokadan-Tanggahan di Kecamatan Susut.

Dia menambahkan, selain DAK jalan, ada beberapa ruang yang bisa dimanfaatkan Bangli untuk menyerap anggaran pusat. Antara lain, Bangli masuk lokasi prioritas pertanian, makanan, dan pariwisata.7esa 

Komentar