nusabali

Open Stage Berhiaskan Patung Garuda Wisnu

  • www.nusabali.com-open-stage-berhiaskan-patung-garuda-wisnu

Open stage atau panggung terbuka di timur Taman Kota Tabanan, Desa Dajan Peken, Kecamatan/Kabupaten Tabanan akan dilengkapi dengan patung Dewa Wisnu menunggangi burung garuda. 

TABANAN, NusaBali
Patung ini akan dibangun di atas atap open stage. Maknanya, Dewa Wisnu lambang kesuburan dan burung garuda lambing perdamaian. 

Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tabanan, Kadek Faridatini menjelaskan, penggarapan proyek open stage tahun ini merupakan pekerjaan tahap ketiga. Dana yang dianggarkan pada pembangunan tahap III ini sebesar Rp 3,6 miliar. Selain patung Dewa Wisnu menunggangi burung garuda, pada tembok panggung dilengkapi dengan ornamen Bali. “Ornamen Bali dan patung Dewa Wisnu menunggangi burung garuda merupakan ide dari Bapak Wakil Bupati Tabanan,” terang Faridatini, Rabu (12/7). 

Dikatakan, ide dari Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya itu kemudian dikomunikasikan dengan konsultan untuk membuat perencanaannya. Sementara pengerjaan patung Dewa Wisnu menunggangi burung garuda dipercayakan kepada seniman Mangku Ketut Sudiarta asal Banjar Ketimemes, Desa Sudimara, Kecamatan/Kabupaten Tabanan. Sementara tender pengerjaan proyek dimenangkan oleh PT Sinar Yasa Agung Perkasa.

Sesuai surat perintah, pengerjaan dimulai dari tanggal 23 Juni 2017 hingga 15 Desember 2017. “Saat ini proses pengerjaan baru 7 persen,” bebernya. Open stage ini mulai digarap sejak tahun 2013 berupa pekerjaan struktur dan atap dengan pagu Rp 1,5 miliar. Pada tahun 2016 finhising bagian dalam panggung, namun atapnya belum selesai dengan pagu Rp 1 miliar. “Pekerjaan tahap tiga ini lengkap dengan tiga pintu berisi ornamen Bali di setiap dinding,” tandas Faridatini. *d 

loading...

Komentar