nusabali

Komang Kiran Tilotama Wijaya Sabet Gelar Puteri Anak Indonesia Best Talent 2023

  • www.nusabali.com-komang-kiran-tilotama-wijaya-sabet-gelar-puteri-anak-indonesia-best-talent-2023

JAKARTA, NusaBali.com - Komang Kiran Tilotama Wijaya, gadis berusia 11 tahun asal Desa Kamasan, Kabupaten Klungkung, Bali, berhasil meraih gelar Puteri Anak Indonesia Best Talent 2023.

Gelar ini diberikan untuk Kiran dalam Grand Final Pemilihan Puteri Anak Indonesia 2023 yang dilangsungkan di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail Hall Jakarta pada Selasa (31/10/2023).

Sementara gelar Juara Puteri Anak Indonesia 2023 dimenangkan oleh Kimberly Chaliska Wowiling, wakil dari Jawa Barat.

Meski belum masuk ke jajaran lima besar, Kiran mengaku tetap senang dan bangga karena meraih gelar Puteri Anak Indonesia Best Talent 2023.

“Saya merasa  sangat senang dan bangga bisa meraih gelar Puteri Anak Indonesia Best Talent 2023. Semoga saya bisa terus mengembangkan bakat dan menginspirasi anak-anak lain di Indonesia,” kata Kiran, Minggu (5/11/2023).

Ia pun menegaskan jika tujuan utamanya mengikuti ajang Puteri Anak Indonesia 2023 adalah untuk menginspirasi anak-anak di daerahnya dengan cara melestarikan budaya dan
memperkenalkan kembali permainan tradisional.

Sebelum tampil di malam grand final, Kiran menunjukkan talentanya dengan tarian dan permainan suling yang diberi judul 'Puteri Suling' dalam sesi menampilkan bakat pada Sabtu (28/10/2023), 

Meski hanya mempelajari suling selama dua bulan dan menari selama dua minggu,  penampilan Kiran cukup memukau.  “Perasaan saya sangat senang sekali, seakan-akan saya ingin meningkatkan bakat menari dan menyuling saya,” ujar siswi kelas VI SDN 1 Semarapura Tengah, Klungkung ini.

Sebelum mencapai puncak acara, Kiran menghabiskan waktu selama karantina untuk bergaul dan berbagi pengalaman budaya dengan peserta dari berbagai daerah. Dalam debatnya, ia juga mengadvokasi isu penting tentang perundungan. Sementara dalam pidato publiknya, ia dengan bangga menyatakan ‘Aku Anak Indonesia, Aku Cinta Indonesia.’

Setelah menjabat sebagai Puteri Anak Indonesia Best Talent, Kiran berkomitmen untuk terus memperbaiki diri melalui pembelajaran public speaking dan terus melatih kemampuan catwalk.

“Setelah ajang ini dan menjabat sebagai Puteri Anak Best Talent 2023, saya akan terus belajar dan mengikuti kegiatan ajang pemilihan puteri lainnya. Saat remaja atau dewasa saya akan ikut ajang pemilihan Puteri Indonesia yang lebih bergengsi nanti,” harap gadis kelahiran 17 Mei 2012 ini.

Kiran tak lupa mengucapkan terima kasih kepada orang tuanya dan kakaknya atas dukungan dan motivasi yang tak henti-hentinya. Ia juga mengapresiasi bimbingan seniornya dari Paguyuban Putri Anak Remaja Bali yang telah membimbingnya.

Ayah dari Kiran, I Nyoman Darma Wijaya menyatakan kebanggaannya atas pencapaian gemilang putrinya dalam ajang Puteri Anak Indonesia 2023. Meskipun usianya baru 11 tahun, Kiran mampu bersaing dengan baik dengan peserta yang usianya rata-rata 14 tahun. Ia juga menegaskan dukungan dan keyakinannya bahwa Kiran mampu meraih sukses dalam segala hal yang dilakukannya.

“Dari awal, kami selalu memberikan dukungan penuh dan keyakinan kepada Kiran bahwa ia mampu menampilkan bakatnya dengan luar biasa. Kami sangat senang melihatnya berkembang dan mengejar hobi yang dicintainya,” ujar Darma Wijaya dengan bangga.

Darma Wijaya berharap agar Kiran terus meniti karier dalam bidang yang disukainya dan melanjutkan aktivitasnya dalam dunia pageant. Meskipun masih menjabat sebagai Puteri Anak Bali 2023, ia mendorong Kiran untuk tetap rendah hati dan tidak pernah putus asa.

Menurutnya, prestasi Kiran tidak hanya mencerminkan keberhasilan pribadi, tetapi juga menjadi inspirasi bagi anak-anak lain di Bali dan di seluruh Indonesia. Dengan dukungan dan semangat dari orang tuanya, Kiran diharapkan dapat terus mengembangkan bakatnya dan menginspirasi generasi muda untuk mengejar impian mereka.

“Semoga Kiran selalu berkarier di hobi yang disukainya dan bisa melanjutkan kegiatan di dunia pageant lainnya. Selalu rendah hati dan jangan pernah putus asa karena di depan masih banyak tantangan yang menanti,” pesan Darma Wijaya. *ris

Komentar