nusabali

Warga Binaan Negara Dibekali Keterampilan Furniture

  • www.nusabali.com-warga-binaan-negara-dibekali-keterampilan-furniture

NEGARA, NusaBali - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Negara, Jembrana, menjalin perjanjian kerja sama (PKS) dengan perusahaan perorangan Delta Bali Konsult, Kamis (2/11). Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan program pembinaan kemandirian untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) di bidang kelompok kerja (Pokja) furniture, meubelair dan perkayuan.

Penandatanganan PKS tersebut dilaksanakan di Ruang Kepala Rutan Negara. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Rutan Negara Lilik Subagiyono didampingi Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan I Nyoman Tulus Sedeng, dengan Soerip Herlambang selaku pihak ketiga dari Delta Bali Konsult.

Lilik Subagiyono mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah Rutan Negara dalam memberikan program pembinaan bagi WBP. 

"Saya harap dengan adanya kerja sama yang terjalin mampu memberikan wawasan dan pengalaman baru kepada warga binaan di sini. Sehingga mereka (WBP) memiliki skill yang memadai dalam bidang furniture, meubelair dan perkayuan," ujar Lilik.

Menurut Lilik, program pembinaan ini juga bertujuan memberikan bekal ilmu atau skill kepada WBP. Skill yang mereka dapatkan selama menjalani pembinaan, diharapkan berguna ketika mereka sudah keluar dari rutan atau kembali ke tengah masyarakat.

"Nanti, ketika karya yang mereka buat sudah jadi, akan kami pajang di depan agar masyarakat dapat melihat bahwa sebenarnya di dalam rutan, mereka (WBP) tidak hanya bersantai-santai saja. Tetapi mereka juga meningkatkan skill yang mereka miliki, melalui program pembinaan kemandirian yang diberikan oleh petugas kami melalui kerja sama dengan pihak ketiga seperti ini," ucap Lilik.

Soerip Herlambang dari Delta Bali Konsult, juga mengapresiasi usaha Rutan Negara dalam memberikan program pembinaan bagi WBP ini. Salah satunya program kemandirian di bidang furniture, meubelair dan perkayuan.

"Saya lihat-lihat dari program yang sudah pernah diberikan ternyata WBP di sini sudah mampu menghasilkan kerajinan dari kayu dengan baik," ucap Herlambang.

Melalui PKS dengan perusahaannya, Herlambang berharap dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil karya WBP di Rutan Negara. Selain itu, kerja sama ini juga dapat memberikan kesempatan bagi WBP untuk mendapatkan pekerjaan setelah mereka keluar dari Rutan.

"Dengan adanya kerja sama ini saya berharap juga skill mereka (WBP) dapat meningkat sehingga dapat lebih ahli lagi dalam membuat kerajinan," ujar Herlambang.7ode

Komentar