nusabali

Jalan Lepang-Sidayu Nyuh Aya Rusak Parah

  • www.nusabali.com-jalan-lepang-sidayu-nyuh-aya-rusak-parah

Status jalan diusulkan menjadi jalan kabupaten, masih menunggu SK dari Pemprov Bali.

SEMARAPURA, NusaBali
Jalan raya di Desa Adat Lepang menuju Desa Adat Sidayu Nyuh Aya, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung mengalami kerusakan parah sejak bertahun-tahun. Kerusakan jalan penghubung dua desa adat tersebut sepanjang 300 meter. Pengendara yang melintas harus ekstra hati-hati agar tidak terjatuh.

Menurut warga sekitar, Ketut Sumerjaya, kerusakan jalan sudah dikeluhkannya sejak tahun 2014. “Saat turun hujan, jalan yang rusak akan berubah menjadi genangan air sehingga licin dan sulit dilintasi,” ujar Sumberjaya, Kamis (2/11). Warga sering gotong royong secara swadaya dan urunan beli kerikil untuk mengurangi genangan air saat hujan. “Namun tidak bertahan lama,” ujar Sumerjaya. Perbekel Desa Takmung I Nyoman Mudita mengatakan, usul perbaikan jalan Lepang-Sidayu Nyuh Aya sudah diajukan ke Pemkab Klungkung pada tahun 2022. 

Kadis Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Klungkung I Made Jati Laksana mengatakan, akses jalan tersebut masih non status. Jalan itu sudah diusulkan menjadi jalan kabupaten, namun masih menunggu SK dari Pemprov Bali. Perbaikan baru bisa dilakukan setelah aset jalan diserahkan ke kabupaten. “Saat ini masih proses penyerahan aset,” jelas Jati Laksana. 7 wan

Komentar