nusabali

Bupati Suwirta Terima KIP Awards 2023

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-terima-kip-awards-2023

Teknik penilaian melibatkan Drone Emprit Publications untuk melakukan monitoring, crawling dan indexing pada dokumen digital dan media sosial periode Januari hingga September 2023.

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima penghargaan KIP (Keterbukaan Informasi Publik) Awards 2023. Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro. Kadis Kominfo Klungkung I Wayan Parna mewakili Bupati Klungkung menerima penghargaan itu di Ayodya Resort Bali, Nusa Dua, Badung, Jumat (27/10). Selanjutnya Wayan Parna menyerahkan penghargaan itu kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di kantor Bupati Klungkung, Selasa (31/10). 

Penghargaan ini untuk mengapresiasi badan publik, khususnya perusahaan BUMN, BUMN Tbk, dan anak perusahaan BUMN Tbk, serta para pejabat publik yakni gubernur, bupati, dan walikota yang dinilai telah menjalankan praktik keterbukaan informasi kepada khalayak. Ketua Dewan Juri Keterbukaan Informasi Publik Awards 2023 sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan keterbukaan informasi merupakan aspek penting dalam operasi dan manajemen perusahaan, terutama pada perusahaan BUMN. 

Keterbukaan informasi memainkan peran kunci dalam menjaga akuntabilitas, meningkatkan kepercayaan dan mempromosikan pertumbuhan yang berkelanjutan. “Bagi BUMN, keterbukaan informasi bukan lagi sebuah kewajiban tetapi sudah menjadi kebutuhan,” ujar Rudiantara. Era digital saat ini telah membuka peluang besar untuk meningkatkan akses informasi. Di sisi lain, keterbukaan informasi memberikan dampak positif kepada masyarakat sehingga lebih terinformasi, terlibat, dan mampu mengawasi kinerja pemerintah daerah secara lebih efektif. Dalam era digital 5.0, peran keterbukaan informasi sangat penting dalam membangun kepercayaan dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

Teknik penilaian melibatkan Drone Emprit Publications untuk melakukan monitoring, crawling dan indexing pada dokumen digital dan media sosial milik BUMN, BUMN Tbk, dan anak perusahaan BUMN Tbk serta Pemerintah Provinsi Bali pada periode Januari hingga September 2023. Objek pengukuran juga berlaku bagi aktivitas jajaran petinggi, pemimpin daerah ataupun direktur utama pada organisasi tersebut. Selanjutnya, dilakukan Expert Judgement oleh dewan juri. 

Parameter untuk mengukur tingkat keterbukaan informasi secara kuantitatif dan kualitatif dengan bukti-bukti digital tdinilai melalui jumlah audience, engagement, activity, dan kualitas konten akun media sosial perusahaan seperti YouTube, Facebook, twitter, Instagram, X, Tiktok serta situs perusahaan seperti website dan wikipedia. Dari langkah monitoring, crawling dan indexing yang dilakukan hampir selama setahun, diperoleh hasil penerima penghargaan yang memiliki ranking tinggi dalam menyediakan informasi publik. 

Para penerima penghargaan KIP Award 2023 terdiri dari 51 perusahaan BUMN, BUMN Tbk, dan anak perusahaan BUMN Tbk. Sebanyak 13 direktur utama BUMN, BUMN Tbk, dan anak perusahaan BUMN Tbk, serta 8 Pemkab di Bali yang terdiri dari 6 bupati, 1 walikota, dan 1 Pj Gubernur. Bupati Suwirta menyampaikan apresiasi terhadap Keterbukaan Informasi Publik Awards 2023. “Semoga melalui penghargaan ini dapat memotivasi ASN di lingkungan Pemkab Klungkung dalam hal keterbukaan memberikan pelayanan informasi berdampak positif kepada masyarakat Klungkung,” harap Bupati Suwirta. @ wan

Komentar