nusabali

Prabowo-Gibran Daftar KPU di Buda Cemeng, Begini Penjelasan Ahli Wariga

  • www.nusabali.com-prabowo-gibran-daftar-kpu-di-buda-cemeng-begini-penjelasan-ahli-wariga

DENPASAR, NusaBali.com - Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan mendaftar ke KPU RI pada Rabu (25/10/2023) bertepatan dengan rahina Buda Cemeng Menail.

Menurut ilmu astronomi tradisional Bali yakni Wariga, setiap hari memiliki sifat baik dan buruk atau ala-ayuning dewasa. Bagaimana dengan hari pendaftaran Prabowo-Gibran di Rabu Wage Menail ini?

Perlu dicatat, analisis padewasan yang disampaikan akademisi bidang Wariga dari UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Drs Wayan Redi MAg ini, bersifat umum. Tidak merujuk langsung pada pendaftaran Prabowo-Gibran, namun objektif terhadap sifat-sifat hari Rabu ini.

Redi menjelaskan, tidak ada hari yang murni memiliki sifat baik atau buruk. Setiap harinya membawa sifat baik dan buruk tergantung kombinasi wawaran, wuku, penanggal-pangelong, sasih, dan dauh.

Hari Rabu ini memiliki kombinasi triwara Beteng, pancawara Wage, saptawara Buda, wuku Menail, penanggal kaping 11, dan sasih kalima. Dauh merujuk pada waktu pelaksanaan kegiatan dan bersifat opsional apabila melibatkan massa.

"Selama dalam satu hari itu lebih banyak, 60-75 persen ke atas, membawa sifat yang baik maka beranilah kita menjalankannya," ujar Redi ketika dijumpai Rabu pagi di Gedung Fakultas Brahma Widya UHN IGB Sugriwa, Jalan Kenyeri Gang Sekar Kemuda Nomor 1 Denpasar.

Dalam kalender Bali yang disusun Alm I Ketut Bangbang Gde Rawi, Buda Wage Menail tanggal 25 Oktober 2023 ini membawa beberapa sifat. Secara umum membawa sifat baik dan lekat dengan sosok pemimpin.

Gnirawana, Kala Sor, Pepedan, Aras tuding, Satriya wibawa, Ratu magelung, Ekajalarasi: Kinasihaning jana, Pertiti: Widnyana adalah sifat-sifat yang dibawa pada hari Rabu ini.

Sifat-sifat Aras tuding (pemberani), Satriya wibawa (kewibawaan), Ratu magelung (sifat raja), Ekajalarasi: Kinasihaning jana (populer/disenangi orang) disebut relevan dengan sosok pemimpin.

"Hari ini kalau memberikan wejangan atau nasihat pasti disukai oleh orang. Karena ada Ratu magelung itu membawa sifat seorang raja, Kinasihaning jana artinya disukai orang banyak," tutur akademisi yang sudah 20 tahun menekuni ilmu Wariga.

Meski begitu, akademisi asal Banjar Nyelati, Desa Kuwum, Mengwi, Badung ini membeberkan ada sifat buruk juga yang dibawa hari Rabu ini. Gnirawana dan Kala Sor membawa sifat yang tidak baik untuk kegiatan agraris, sesuatu yang ditanam atau ditabur tidak dapat dituai dengan baik.

"Ilmu Wariga ini ilmu pasti namun tidak pasti. Pasti, karena memiliki urutan. Kalau hari ini Wage, besok pasti Kliwon. Tidak pasti karena hasilnya itu tidak ada yang berani menjamin benar-benar akurat," tandas Redi. *rat

Komentar