nusabali

Shin Tae-yong Tak Gentar, Irak Waspada Indonesia

  • www.nusabali.com-shin-tae-yong-tak-gentar-irak-waspada-indonesia

BAGHADAD, NusaBali - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyadari Timnas Indonesia berada di grup berat pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Meski demikian, pelatih Shin Tae-yong tak gentar dengan persaingan yang ada. Pelatih asal Korea Selatan itu menilai Irak menjadi ancaman utama timnya.

"Memang tim-tim lawan lebih baik daripada kami. Jadi persiapan kami harus lebih matang lagi," kata Shin Tae-yong.

Menurut Shin, Irak jadi ancaman utama Indonesia, meski Vietnam dan Filipina juga harus diwapasdai. Apalagi  Indonesia punya catatan buruk menghadapi Irak. Sejarah mencatat, skuad Merah Putih tidak pernah menang dalam enam laga melawan Irak, dengan lima kali kalah dan sekali imbang. Satu-satunya hasil imbang lawan Irak terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 1974, dengan skor 1-1.

Indonesia juga punya catatan buruk, yakni tak mampu menjebol gawang Irak dalam empat laga terakhir. Kondisi ini tentu jadi tantangan berat bagi Shin Tae-yong.

Sementara itu, pelatih Timnas Ira, Jesus Casas mengaku bersemangat menghadapi Indonesia dan tim lainnya di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. Casas bertekad membantu timnya meraih hasil maksimal demi bisa lolos ke Piala Dunia.

Irak bersaing dengan Indonesia, Vietnam, dan Filipina di Grup F. Secara ranking FIFA, Irak lebih unggul dari pesaing lainnya karena menghuni peringkat 69, Indonesia di urutan ke-147, Filipina ke-132, Vietnam ke-95.

"Pertandingan yang sangat penting menanti kami di kualifikasi Piala Dunia. Kami akan berusaha keras untuk mencapai hasil positif demi mencapai tujuan kami lolos ke putaran final Piala Dunia 2026," kata Casas.

Pada matchday pertama Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Irak akan menjamu Indonesia pada Kamis (16/11). Setelah itu, Irak bertandang ke markas Vietnam pada 21 November.

Meskipun unggul peringkat FIFA dan kualitas tim, Irak enggan gegabah. Irak akan menyiapkan skema permainan terbaik saat melawan Indonesia dan tim lain di Grup F. Irak juga punya catatan kurang bagus karena belum pernah menang dalam enam laga terakhir, yakni empat kali imbang dan dua kali kalah. *

Komentar