nusabali

Meriahkan HUT Ke-14 Mangupura, Dinsos Libatkan Penyandang Disabilitas

  • www.nusabali.com-meriahkan-hut-ke-14-mangupura-dinsos-libatkan-penyandang-disabilitas
  • www.nusabali.com-meriahkan-hut-ke-14-mangupura-dinsos-libatkan-penyandang-disabilitas

MANGUPURA, NusaBali - Berbagai kegiatan melibatkan masyarakat Badung dalam pesta rakyat HUT ke-14 Mangupura yang digelar 21-22 Oktober 2023 di lapangan Puspem Badung.

Ada yang unik para pesta rakyat kali ini, di mana Dinas Sosial (Dinsos) melibatkan penyandang disabilitas untuk unjuk kebolehan menari dan menyanyi yang dilaksanakan, Minggu (22/10). Selain itu, dalam kegiatan tersebut Dinsos juga memberikan sejumlah bantuan kepada penyandang disabilitas.

Kepala Dinsos Badung I Ketut Sudarsana, mengatakan ikut berpartisipasi memeriahkan HUT ke-14 Mangupura dengan memberdayakan penyandang disabilitas untuk menampilkan kreativitasnya. Melalui kegiatan menari dan menyanyi, Sudarsana berharap para penyandang disabilitas dapat meningkatkan kepercayaan diri serta tidak merasa dibeda-bedakan.

“Dalam memeriahkan HUT Mangupura tahun ini, kami berdayakan penyandang disabilitas untuk pentas menari dan menyanyi. Konsep kita adalah pemberdayaan disabilitas,” ujar Sudarsana saat ditemui usai kegiatan.

Menurutnya, pemberdayaan para penyandang disabilitas ini penting untuk meningkatkan kepercayaan diri. Sebab ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh penyandang disabilitas. Hanya mereka yang termasuk penyandang disabilitas seringkali menganggap dirinya tidak menjadi apa-apa. “Ini yang kita bangkitkan. Mereka sebetulnya memiliki kemampuan seni, kemampuan mencari nafkah dengan keahlian yang dia punya, sehingga bisa mengaktualisasi dirinya dan meningkatkan pemberdayaan dirinya,” kata Suardana.

Selain memberikan ruang untuk menunjukkan talenta para penyandang disabilitas, dalam kegiatan tersebut Dinsos Badung juga memberikan sejumlah bantuan kepada penyandang disabilitas yang masuk dalam data DTKS, dan masyarakat yang mengalami kemiskinan ekstrem. Bantuan ini berupa sembako dan kursi roda.

Lebih lanjut Sudarsana menyatakan, bantuan berupa sembako diberikan dalam bentuk beras dan telur. Untuk menunjang kebutuhan karbohidrat dan protein. Sudarsana menegaskan bantuan seperti akan berlanjut ke depannya. “Kegiatan ini tetap terus berlanjut sampai nantinya mereka terfasilitasi pemberdayaannya dan kebutuhannya. Nanti di perubahan (APBD 2023) ada juga,” kata Sudarsana. @ ind

Komentar