nusabali

Pedagang Masih Nikmati Fasilitas Gratis

Kondisi Rest Area Banjar Yehmalet, Karangasem

  • www.nusabali.com-pedagang-masih-nikmati-fasilitas-gratis
  • www.nusabali.com-pedagang-masih-nikmati-fasilitas-gratis

Rest Area Banjar Yehmalet cocok untuk tempat istirahat atau persinggahan sementara warga yang hendak bepergian ke Denpasar atau yang baru datang dari Denpasar

AMLAPURA, NusaBali
Puluhan pedagang di Rest Area Banjar Yehmalet, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Karangasem, masih menikmati fasilitas gratis sejak tahun 2019. Kondisi ini sesuai janji Bupati Karangasem sebelumnya, I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Fasilitas gratis tersebut terdiri atas kios untuk tempat berjualan, air, dan listrik. ‘‘Kami hanya mengingatkan pedagang agar turut serta menjaga kebersihan di objek itu sehingga terlihat nyaman dan aman untuk para pengunjung dan pedagang ,” jelas Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Karangasem I Wayan Witrawan, kepada NusaBali di Amlapura, Minggu (22/10).

Witrawan mengatakan, fasilitas di Rest Area Banjar Yehmalet, Desa Antiga Kelod itu dibangun atas bantuan CSR dari PT Bank BPD Bali bernilai Rp 3,6 miliar. Pembangunan rest area ini diawali pemerintah mendata jumlah pedagang. Selanjutnya, rencana itu disosialisasikan hingga pembangunan kios sesuai jumlah pedagang. Semua pedagang mendapatkan fasilitas berjualan yang standar. Ada 43 pedagang menempati kios masing-masing ukuran 2,5 meter x 2,5 meter.

Kualitas bangunan kios itu, lanjut Witrawan, semuanya dengan model, luas, dan fasilitas yang sama. Dengan itu, para pedagang leluasa berjualan.

Sebelumnya, di Rest Area Banjar Yehmalet hanya ada warung-warung darurat dan tidak teratur. Karena warung dibangun oleh para pedagang itu sendiri. Lagi pula belum ada listrik dan air, kali ini semuanya lengkap. “Fasilitas berjualan, seperti air, listrik, dan sewa kios, semuanya tersedia gratis. Tempat parkir juga memadai,” tambahnya.

Para pengunjung bisa berswafoto di depan patung Surya-Candra dan plang Wates Yehmalet. Rest Area Banjar Yehmalet cocok untuk tempat istirahat atau persinggahan sementara warga yang hendak bepergian ke Denpasar atau yang baru datang dari Denpasar.

Pengunjung di malam hari, lebih nyaman menikmati panorama alam Pantai Banjar Yehmalet dengan adanya lampu-lampu.7k16

Komentar