nusabali

Puri Karangasem Belum Tentukan Sikap Soal Pilkada 2024

  • www.nusabali.com-puri-karangasem-belum-tentukan-sikap-soal-pilkada-2024

AMLAPURA, NusaBali - Tokoh Puri Agung Karangasem mengatakan hingga saat ini belum ada partai politik (Parpol) maupun tokoh yang mendekati puri terkait Pilkada Karangasem 2024.

Tokoh puri juga belum ada yang menyatakan diri untuk ikut ambil bagian dalam kontestasi politik Pilkada Karangasem 2024.

Jika ikut ambil bagian sebagai calon Bupati Karangasem, mesti aktif dulu di politik. Itu bisa memicu perpecahan di internal keluarga besar Puri Agung Karangasem," ujar Manggala Puri Agung Karangasem AA Bagus Partha Wijaya di acara resepsi Wakil Ketua DPRD Karangasem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha di Jro Subagan, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Minggu (22/10). Di acara resepsi kemarin juga hadir segenap tokoh Puri Karangasem lainnya, yakni AA Bagus Wijaya dari Puri Madura Karangasem, AA Gede Sanjaya Anom Putra dari Puri Agung Karangasem, AA Bagus Arya Mataram dari Puri Agung Karangasem, AA Gede Putra Yadnya, dan AA Bagus Ngurah Agung dari Puri Gede Karangasem.

Terakhir Bupati Karangasem yang berasal dari Puri Agung Karangasem, yakni AA Gede Karang periode tahun 1967-1979. Sedangkan Calon Bupati Karangasem terakhir dari Puri Agung Karangasem, yakni AA Bagus Arya Mataram di Pilkada Karangasem 2005. Namun hasilnya kurang beruntung dia kalah dari I Wayan Geredeg.

"Saat ini dari Puri Agung Karangasem belum tertarik merebut jabatan Bupati Karangasem, di samping belum ada partai politik yang mendekati Puri Agung Karangasem. Puri Agung Karangasem memilih mengayomi seluruh lapisan masyarakat Karangasem," lanjut AA Bagus Partha Wijaya. Tetapi menurut Panglingsir Puri Gede Karangasem AA Bagus Ngurah Agung, penentu di Pilkada Karangasem 2024 nanti tetap datangnya dari Puri Agung Karangasem.

"Biasanya selama ini siapa calon Bupati Karangasem yang dapat dukungan Puri Karangasem dia yang menang. Hanya saja, kalau tidak mampu menjalankan pemerintahan sesuai visi dan misinya, di perebutan jabatan berikutnya dia akan kalah," jelas AA Bagus Ngurah Agung.

Dia menambahkan pemimpin Karangasem harus memiliki program jangka pendek, mampu menciptakan wajah kota Amlapura lebih baik, sehingga setiap orang yang datang mendapatkan kesan menyenangkan. Di samping menggali banyak potensi di Karangasem, serta mampu mengoptimalkan potensi yang ada. 7 k16

Komentar