nusabali

Pemkot-BNPB akan Modifikasi Cuaca

Padamkan Api di TPA Suwung

  • www.nusabali.com-pemkot-bnpb-akan-modifikasi-cuaca

"Tadi saat rapat Bapak Kepala BNPB juga mengakui, bahwa hujan menjadi salah satu upaya yang akan ditempuh dalam mendukung optimalisasi penanganan TPA Suwung"

DENPASAR, NusaBali
Pemerintah Kota Denpasar mulai melakukan strategi lain untuk memadamkan api yang membakar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Sarbagita Suwung. Salah satunya bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melakukan modifikasi cuaca setelah water bombing dan pemadaman lewat jalur darat belum mampu memadamkan api secara maksimal.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Denpasar IGN Jaya Negara usai mengikuti Rapat Koordinasi Penanganan Darurat Bencana Kekeringan serta Kebakaran Lahan yang digelar di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Kamis (19/10).

Jaya Negara mengatakan, Pemkot Denpasar mencari berbagai cara untuk mempercepat pemadaman api. Meski diakuinya bahwa Teknologi Modifikasi Cuaca baru bisa diterapkan jika awan sudah muncul. Sehingga dalam menerapkan teknologi ini juga masih menunggu rekomendasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk memberikan hasil yang maksimal.

Menurut Jaya Negara, saat ini proses tersebut juga sudah dikaji oleh BMKG dan proses modifikasi cuaca segera bisa diterapkan untuk menurunkan hujan. Sehingga proses pemadaman dapat dioptimalkan. “Tadi saat rapat Bapak Kepala BNPB juga mengakui, bahwa hujan menjadi salah satu upaya yang akan ditempuh dalam mendukung optimalisasi penanganan TPA Suwung,” jelas Jaya Negara

Selain modifikasi cuaca, sebagai orang Bali dia mengakui sudah menempuh upaya niskala dengan memohon petunjuk di Pura Dalem Sakenan dan pura-pura sekitar wilayah TPA Suwung. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya memohon kelancaran proses pemadaman api.

“Iya jika turun hujan tentu kami bersyukur, namun jika tidak kami mohon kelancaran proses pemadaman ini, sehingga kebakaran segera berakhir,” ujar Jaya Negara.

Sementara itu, Walikota Jaya Negara mengatakan saat ini wilayahnya membuang sampah sementara ke tempat pembuangan akhir (TPA) Kelating, Tabanan, sebagai imbas dari kebakaran TPA Suwung yang berlangsung sejak Kamis (12/10) lalu.

Jaya Negara mengatakan awalnya mereka membawa sampah ke TPA Mandung, Tabanan, dan TPA Temesi, Gianyar, namun tak lama setelah terjadi kebakaran lahan di TPA Suwung, dua tempat pembuangan tersebut turut dilalap si jago merah.

“Sementara ini baru ke Tabanan (TPA Kelating), Temesi kan kebakaran kemarin, tidak enak juga. Nanti asapnya juga belum kondusif, syukur sekarang Tabanan bisa membantu melalui TPA yang ada di Kelating itu,” katanya. 7 mis

Komentar