nusabali

Karyawan Gorengan Maling Spesialis Printilan Truk dan Elf Dibekuk Polisi

  • www.nusabali.com-karyawan-gorengan-maling-spesialis-printilan-truk-dan-elf-dibekuk-polisi

TABANAN, NusaBali - Sat Reskrim Polres Tabanan berhasil mengungkap spesialis pencuri printilan kendaraan truk hingga Isuzu Elf di delapan lokasi. Dia adalah Rudi Adrianto, 33, seorang karyawan gorengan asal Tuban, Jawa Timur.

Dia berhasil dibekuk polisi lantaran adanya laporan warga I Gusti Susiladana, 54, selaku korban karena printilan truk dan Isuzu minibus bagian grill depan, dashboard serta bagian lampu depan dan wiper hilang.

Kehilangan itu diketahui korban pada Jumat (29/9) ketika mengecek kendaraannya yang diparkir di jalan di jalur setra Banjar Samsam, Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan. Atas pencurian tersebut korban pun melapor ke Polres Tabanan.

Berdasarkan laporan itu, Unit Reskrim Polres Tabanan langsung melakukan penyelidikan. Pelaku berhasil dibekuk berawal dari petunjuk di media sosial adanya akun yang menjual printilan truk dan minibus di laman marketplace.

Akun tersebut kemudian ditelusuri tim penyidik dan diketahui dijual oleh karyawan gorengan yang tinggal di BCA Land kawasan Desa Samsam, Kecamatan Kerambitan. Tim pun berpura-pura menjadi pembeli dan bertemu di kawasan Terminal Persiapan Banjar Dauh Pala, Kecamatan Tabanan.

Hingga akhirnya tim berhasil menuju rumah kontrakan pelaku dan didapati banyak terdapat printilan kendaraan di teras rumah yang notabene hasil curian. Pelaku Adrianto pun langsung dimintai keterangan di lokasi dan mengakui perbuatannya. Pelaku dan barang bukti langsung diamankan ke Polres Tabanan.

Bahkan dari hasil pengembangan ternyata pelaku ini adalah spesialis pencuri printilan truk dan mobil. Sebab sudah pernah mencuri di delapan TKP, termasuk pencurian terakhir tersebut.

Rincian wilayah yang sudah pernah dijadikan daerah operasi pelaku adalah di Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri berupa 1 set lampu depan kendaraan jenis Isuzu Elf warna silver, sekitar September 2023 pukul 22.00 Wita.

Kemudian mencuri di depan Taman Makam Pahlawan parkiran kantor Dinas KLH Tabanan, 3 kendaraan jenis truk Isuzu Elf warna hijau diambil 3 set lampu depan sekitar pukul 22.00 Wita pada September.

Kemudian di Banjar Penyalin, Kecamatan Kerambitan, pencurian 1 set lampu depan kendaraan roda empat jenis Elf warna putih, sekira pukul 04.00 Wita, pada September 2023.

Di gudang batako di Banjar Bongan Puseh, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, mencuri 1 set lampu kendaraan jenis truk pada 29 September 2023 sekira pukul 22.00 Wita.

Lalu di Desa Tuak Ilang, pencurian 1 set lampu depan jenis kendaraan truk. Mencuri di Desa Wanasari berupa satu set lampu depan kendaraan jenis truk, sekira pukul 23.00 Wita pada September 2023.

Dan mencuri di Banjar Jadi, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, 1 set lampu depan kendaraan roda empat jenis L300 warna hitam, pada 13 Oktober 2023 sekira pukul 07.00 Wita.

Kasi Humas Polres Tabanan Iptu I Gusti Made Berata, mengatakan pelaku memang spesialis pencuri printilan truk dan mobil. Waktu pencurian seluruhnya dilakukan pada September 2023. “Pelaku diamankan 13 Oktober 2023 di kontrakannya,” jelas Iptu Berata.

Menurutnya meskipun perbuatan pelaku sudah lebih dari satu kali, pelaku ini tidak residivis. “Pelaku mencuri ini dengan membawa sejumlah kunci yang sudah disiapkan dari rumah. Dan sasarannya memang kendaraan yang parkir lama atau seharian dan tidak ada sopir,” tandasnya. 7 des

Komentar