nusabali

SMAN 1 Amlapura Terbaik II Nasional UKBI

  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-terbaik-ii-nasional-ukbi
  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-terbaik-ii-nasional-ukbi

AMLAPURA, NusaBali - Karya video pelaksanaan Giat UKBI Adaptif Merdeka  yang disiarkan di kanal youtube sekolah, satu-satunya SMAN 1 Amlapura dari Bali, meraih skor tertinggi kedua nasional.

Peringkat ini diraih dari 171 sekolah se-Indonesia. Hal itu dikatakan Kasubag Umum Balai Bahasa Provinsi Bali yang juga pengelola UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) I Nyoman Sutrisna di Amlapura, Senin (16/10).

"Ada point-point penilaiannya hingga SMAN 1 Amlapura berhak atas peringkat kedua se-Indonesia," jelas Sutrisna. Syarat dalam kompetisi  ini, selain kirim video, katanya sekolah, wajib mengirimkan lima foto terbaik dalam pelaksanaan UKBI Adaptif Merdeka, sekolah wajib membuat artikel dengan tema, Mahir Berbahasa, Cerdaskan Bangsa, dan mendaftar melalui tautan, http://ringkas.kemdikbud.go.id/ApresiasiUKBI2023.

Penilaiannya, kata dia, mengenai ide dan kreativitas, kualitas isi video, artikel, dan foto, pesan atau ajakan yang disampaikan, bahasa yang digunakan, jumlah penonton dalam video dan jumlah siswa yang mengikuti UKBI. "Tentang kualitas video misalnya, minimal berisi tujuan mengikuti UKBI Adaptif Merdeka, durasi 3-6 menit," jelasnya.

Sedangkan mengenai foto katanya, berjumlah minimal 5 foto, memiliki tingkat pencahayaan yang cukup, foto diunggah dengan penamaan nama sekolah dan lain-lain.

Syarat lain ikut Apresiasi Giat UKBI Adaptif Merdeka tahun 2023, terlebih dahulu sekolah bersangkutan mesti ikut test UKBI. Hanya saja, hasil dari penilaiannya itu, tidak ada predikat untuk sekolah bersangkutan. Beda dengan penilaian untuk perorangan ada predikat, istimewa, sangat unggul, unggul, madya, dan lain-lain. "Kalau Giat UKBI, tidak ada predikatnya. Ini hanya bentuk apresiasi pemerintah kepada sekolah yang melaksanakan UKBI," tambahnya.

Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa yang menetapkan sekolah terbaik peraih Apresiasi Giat UKBI Adaptif Merdeka tahun 2023. Pemerintah menetapkan 20 besar sekolah terbaik penerima Apresiasi Giat UKBI Adaptaif Merdeka Tahun 2023, peringkat pertama MAN 7 Jakarta, menyusul peringkat kedua SMAN 1 Amlapura, selanjutnya SMAN 1 Bobotsari Jawa Tengah, SMAN 1 Gunung Talang, Sumatera Barat, SMAN 4 Berau Kalimantan Timur, SMAN 7 Pinrang Sulawesi selatan, SMA Unggul Del Sumatera Utara, SMAS Cendana Pekanbaru Riau, SMKN 1 Turen Jawa Timur, dan SMAN 8 Makasar Sulawesi Selatan dan lain-lain.

Dari Karangasem yang ikut Apresiasi Giat UKBI Adaptif Merdeka, selain SMAN 1 Amlapura, SMAN 2 Amlapura dan SMAN Abang.

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana mengapresiasi kerja keras pembina dan siswa yang telah mampu mengantarkan peringkat kedua nasional. "Setidaknya dengan hasil itu, membuktikan pendidikan literasi di SMAN 1 Amlapura mulai membuahkan hasil," jelasnya. Sekolah yang meraih 20 besar Apresiasi Giat UKBI Adaptif Merdeka tahun 2023, berhak atas uang pembinaan Rp 20 juta.7k16

Komentar