nusabali

Bupati Dana Prioritaskan Pejabat Senior

  • www.nusabali.com-bupati-dana-prioritaskan-pejabat-senior

AMLAPURA, NusaBali - Bupati Karangasem I Gede Dana memprioritaskan pejabat senioritas untuk menduduki jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama. Meskipun hasil seleksi JPT, pejabat senior bukan peringkat pertama. Prioritas ini karena pejabat senior lebih dekat memasuki purna tugas.

Kepada NusaBali, Bupati I Gede Dana memaparkan hal itu usai persembahyangan bersama di Pura Besakih, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Sabtu (14/10).

Bupati Dana telah mencermati hasil seleksi JPT yang telah dikirim ke KASN (Komite Aparatur Sipil Negara). Sebab untuk menempati jabatan eselon IIb tentu dengan banyak pertimbangan. Selain senioritas, juga loyalitas, berdedikasi, dan berprestasi. "Kasihan yang senior mau pensiun. Kalau tidak kita prioritaskan menduduki jabatan eselon IIb," jelasnya.

Namun Bupati Dana tidak menyebutkan pejabat yang mana masuk kategori senior. Data yang diperoleh NusaBali, mengenai hasil lelang empat jabatan, ada empat camat yang melamar, tiga camat diantaranya meraih nilai tertinggi. Ketiga camat itu baru menduduki jabatan 20 bulan, bertugas sejak Februari 2022. Ketiga camat yang meraih skor tertinggi di pengumuman tiga besar, masing-masing, Camat Bebandem I Gusti Ngurah Wiranata meraih skor 80,32 melamar jabatan Kadis Ketenagakerjaan, Camat Abang Arta Negara meraih skor 79,43, melamar jabatan Kadis Komunikasi dan Informatika, dan Camat Manggis Putu Eddy Surya Artha dengan skor 79,66 melamar jabatan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Bupati Dana mengaku belum mengetahui hasil lelang jabatan tersebut.

Dari empat jabatan yang dilelang, selain tiga camat meraih skor tertinggi, satu lagi, jabatan Kadis Perhubungan, peraih skor tertinggi di pengumuman tiga besar adalah Tjokorda Made Surya Darma skor 80,34. Tjokorda Made Surya Drama masih aktif menjabat sebagai Inspektur Pembantu Wilayah I Inspektorat Karangasem.

Hasil lelang jabatan itu, berdasarkan penilaian panitia seleksi di bawah koordinasi Sekda Karangasem I Ketut Sedana Mertha, Sekretaris Kepala BKPSDM I Komang Agus Sukasena, anggota Sekda Gianyar Dewa Alit Mudiarta, akademisi I Wayan Minggu Widiantara dan I Wayan Dwija, serta ada pengawasan langsung dari ombudsman perwakilan Bali.

"Sebelum jadi Camat Manggis, saya kan sebagai Kabid Perbendaharaan BPKAD (Badan Perbendaharaan Keuangan dan Aset Daerah), yang juga sama-sama eselon IIIA," jelas Camat Manggis Putu Eddy Surya Artha.7k16

Komentar