nusabali

Ratusan Pasang Kerbau Meriahkan Jembrana Cup 2023

  • www.nusabali.com-ratusan-pasang-kerbau-meriahkan-jembrana-cup-2023
  • www.nusabali.com-ratusan-pasang-kerbau-meriahkan-jembrana-cup-2023

Meski terik matahari cukup menyengat, para peserta maupun suporter tampak bersemangat mendukung kerbau jagoannya.

NEGARA, NusaBali
Event Makepung Jembrana Cup 2023 digelar di Sirkuit All in One, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (15/10). Dibuka langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba, total ada 226 pasang kerbau yang dipertandingkan dalam event ini. 

Seperti biasanya, gelaran event makepung ini sukses menyedot perhatian ribuan masyarakat yang menonton langsung ke lokasi. Selain sekadar menonton, tidak sedikit masyarakat yang juga datang sebagai suporter. 

Bupati Tamba mengatakan, sangat mendukung kelestarian makepung. Menurutnya, keberadaan Sirkuit All in One ini adalah jawaban dari kepedulian Pemerintah Daerah terhadap kelestarian makepung. "Manakala perkembangan penduduk semakin bertambah di sepanjang jalan, sirkuit yang sudah ada mungkin akan dibangun rumah, dibangun industri. Tentu kita tidak bisa membendung karena itu bukan milik kita (pemerintah). Karena itu, keberadaan Sirkuit All in One sebagai jawaban untuk pelestarian tradisi makepung," ucap Bupati Tamba. 

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengatakan, Sirkuit All in One ini sebagai salah satu tempat atraksi budaya yang mungkin bisa dipertahankan sepanjang masa. Ke depan, dirinya berencana akan berusaha menata sirkuit ini sehingga bisa dimanfaatkan lebih baik lagi. "Tempat Ini (Sirkuit All in One) untuk masyarakat, bukan Bupati. Silakan tempat ini digunakan dan dirawat," ujar bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini. 

Sementara Koordinator Makepung Kabupaten Jembrana, I Made Mara menjelaskan, Makepung Jembrana Cup 2023 diikuti sebanyak 226 pasang kerbau. Dari 226 pasang kerbau itu, dibagi menjadi dua regu, yakni 121 pasang dari regu Ijo Gading Barat dan 105 pasang dari regu Ijo Gading Timur. " Antusias peserta makepung selalu luar biasa," ujarnya. 

Menurut Mara, Bupati Jembrana sangat getol untuk mempertahankan warisan nenek moyang yang sudah menjadi icon Jembrana. Dirinya pun berharap ke depannya makepung bisa tetap eksis dengan dukung pemerintah. 7ode

Komentar