nusabali

Sekdis Pendidikan Gianyar Buka Festival Tunas Bahasa Ibu

  • www.nusabali.com-sekdis-pendidikan-gianyar-buka-festival-tunas-bahasa-ibu

GIANYAR, NusaBali - Sekretaris Dinas Pendidikan Gianyar Dewa Putu Manuaba membuka Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) di SMPN 1 Gianyar, Jumat (13/10).

Festival ini bertujuan untuk melestarikan bahasa Bali. Tujuan lainnya mencari atau menyiapkan perwakilan daerah yang akan berlomba di tingkat provinsi pada bulan November nanti. Para siswa SD dan SMP mengikuti lomba nyurat lan ngetik aksara Bali, masatua Bali, pidarta Bali, nyurat lan ngwacen puisi Bali, sekar alit, ngripta cerpen Bali, dan bebanyolan. 

Festival Tunas Bahasa Ibu di Kabupaten Gianyar diikuti siswa SD dan SMP. Setiap kecamatan diwakili 1 siswa. Dewa Manuaba mengatakan, lomba atau festival bahasa daerah sangat penting karena bermanfaat untuk melestarikan bahasa Bali. Perkembangan zaman membuat banyak masyarakat Bali tidak menggunakan bahasa Bali saat ngobrol bersama keluarga di rumah, sekolah ataupun di tempat tongkrongan. 

Kurang diminatinya bahasa Bali karena sikap penutur terhadap bahasanya, migrasi atau mobilitas sosial yang tinggi, perkawinan dengan pasangan berbeda bahasa, atau musibah yang menyebabkan kurangnya penutur bahasa daerah. 

“Dari ke empat alasan tersebut, faktor utama penyebab kurangnya minat masyarakat menggunakan bahasa Bali adalah sikap penutur bahasa terhadap bahasanya,” jelas Dewa Manuaba. Pemerintah pusat melalui Balai Bahasa dan unit pelaksana teknis melaksanakan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk menyelamatkan bahasa daerah dengan program revitalisasi bahasa daerah. 7 nvi

Komentar