nusabali

Sukses Kawal KTT AIS Forum 2023, Telkom Beralih Amankan MotoGP Mandalika

  • www.nusabali.com-sukses-kawal-ktt-ais-forum-2023-telkom-beralih-amankan-motogp-mandalika

MANGUPURA, NusaBali.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk sukses mengawal berlangsungnya Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States Forum (KTT AIS Forum) 2023 di Bali pada 10-11 Oktober 2023.

KTT AIS Forum merupakan forum tahunan yang diikuti oleh kepala negara dan pemerintahan dari negara-negara kepulauan di dunia. Pada tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah KTT AIS Forum yang mengusung tema ‘Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama’.

Telkom Group menyediakan dukungan berupa digital connectivity melalui infrastruktur jaringan telekomunikasi terbaik, digital platform serta digital services.

"Alhamdulillah di acara puncak hari ini, semua dukungan berjalan baik, lancar, dan disampaikan Pak Menkominfo, Dirjen dan stakeholder lainnya," kata Herlan Wijanarko selaku Direktur Network & IT Solution PT Telkom Indonesia Tbk, Rabu (11/10/2023).

Ditemui di Posko Telkom yang berada di STO Nusa Dua, Herlan menjelaskan, Telkom Group telah menyiapkan sedari awal infrastruktur, services, termasuk pengawalan, posko dan melalui tools yang digunakan.

"Telkom Group selalu memberikan layanan terbaik, baik forum regional, nasional dan internasional," ujar Herlan.

Evaluasi Telkom dalam gelaran KTT AIS berjalan sukses, termasuk layanan ICT (Information & Communication Technology).

"Event besar kecil apapun harus tetap all out. Kita all out seluruh metodologi mengawal event," kata Herlan.

Untuk keberhasilan ini, Herlan mengakui diperlukan tim solid dengan pengalaman yang dimiliki dan komunikasi kita dengan stakeholder.

"Soliditas tim dan kemampuan kita untuk memberikan layanan ini harus maintenance dan improve terus karena akan terus mendapat penugasan," ujar Herlan.

Telkom menyiapkan infrastruktur jaringan telekomunikasi berkualitas dengan total kapasitas bandwidth mencapai 41,1 Gbps. Infrastruktur ini terdiri dari Astinet, Metro-E, VPNIP, dan Wifi, serta didukung 1 Satellite News Gathering (SNG).

Selain infrastruktur jaringan, Telkom juga menyiapkan 6 posko dengan lebih dari 200 personel yang akan bertugas secara hybrid baik di posko, area konferensi hingga lapangan untuk memastikan kualitas layanan tetap prima selama kegiatan berlangsung.

Sebelumnya Telkomsel sebagai bagian dari Telkom Group telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh lokasi rangkaian kegiatan KTT AIS Forum 2023 di Bali.

Optimalisasi jaringan di Kawasan Nusa Dua dan sekitarnya yang telah dilakukan antara lain dengan meningkatkan cakupan dan kapasitas jaringan dan kualitas konektivitas di 55 BTS 4G/LTE dan 11 BTS 5G eksisting, menambahkan 16 BTS 4G/LTE dan 3 BTS 5G, serta 2 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) dan 4 unit BTS Easy Macro selama rangkaian KTT AIS Forum berlangsung.

Usai perhelatan internasional di Nusa Dua Bali, kini Telkom menatap kesuksesan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Herlan menegaskan jika Telkom telah menyiapkan dukungan untuk gelaran balap motor dunia ini Nusa Tenggara Barat pada 13-15 Oktober 2023.

"Untuk MotoGP Mandalika kita tidak boleh meremehkan, infrastruktur dan layanan sudah disiapkan termasuk cyber security dengan resiliensi maksimum," kata Herlan.

Herlan menjelaskan, Telkom telah menyiapkan kapasitas bandwidth sebesar 43 Gbps untuk mendukung kelancaran gelaran MotoGP Mandalika.

"Kapasitas bandwidth 43 Giga. Maksimum puncak yang digunakan separo. Jadi cukup," kata Herlan.

Telkom juga telah menyiapkan tim khusus untuk mengawal gelaran MotoGP Mandalika. "Personel 190 hampir sama KTT AIS Forum," kata Herlan.

Telkom yakin dapat memberikan layanan terbaik untuk mendukung gelaran MotoGP Mandalika.

"Kesiapan maksimal untuk kelancaran acara. Sampai akhir hari Minggu (15/10/2023), Posko 24 jam untuk memastikan layanan," kata Herlan.

Komentar