nusabali

Kodam Udayana Kerahkan Tim Komplek ke Nusa Dua

  • www.nusabali.com-kodam-udayana-kerahkan-tim-komplek-ke-nusa-dua

MANGUPURA, NusaBali - Kodam IX/Udayana selaku Satgas Pengamanan Wilayah dalam pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island States (KTT AIS) Forum Tahun 2023 yang digelar pada 10-11 Oktober di Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung mengerahkan tim Komunikasi dan Elektronika (Komlek).

Sub Satgas ini memiliki peran sangat penting dalam menjaga keamanan pertemuan yang dihadiri petinggi dari berbagai negara anggota AIS Forum ini.

Kepala Unsur Pendukung Komlek Kolonel Chb Heru Amrullah ditemui di Nusa Dua, Selasa (10/10) mengungkapkan dalam menjalankan tugas personelnya dibagi dalam beberapa tim, yaikni tim komunikasi radio, bekhar, dan komunikasi visual. Dia menjelaskan, tim komunikasi radio bertugas melaksanakan gelar komunikasi radio untuk seluruh personel Satgas Pamwil.


Kemudian tim bekhar bertugas melaksanakan perbekalan dan pemeliharaan materiil komunikasi dan elektronika guna menjamin peralatan dapat beroperasional dengan baik. Sedangkan tim komunikasi visual bertugas untuk menggelar media visual atau display obyek-obyek kegiatan rute dan penginapan, terutama yang berada di Ring II dan Ring III.

"Unsur ini juga vital perannya dalam pengamanan ini. Pada intinya kita melakukan persiapan sedetail mungkin untuk mendukung pertemuan internasional ini berjalan lancar dan aman," ungkap Kolonel Chb Heru Amrullah yang kesehariannya menjabat Kahubdam IX/Udayana.

Terkait materiil serta sarana dan prasarana yang digelar pada pelaksanaan pengamanan KTT AIS Forum 2023 ini yaitu radio komunikasi, Satelite On The Move (SOTM) yang berfungsi untuk mengambil visual yang terjadi di lapangan, Komunikasi Mobile (Komob) yang dapat berperan sebagai repeater mobile, serta video tron dan lain sebagainya.

Unsur Pendukung Komunikasi dan Elektronika berperan penting dalam menyelenggarakan perhubungan komunikasi dalam suatu tugas operasi pengamanan. Tanpa adanya unsur pendukung ini, komunikasi dan koordinasi antar personel maupun komando Satgas di lapangan tidak akan dapat berjalan dengan baik. 7 pol

Komentar