nusabali

Presiden Jokowi Sambut Pemimpin AIS Forum

Saat Gala Dinner, Hari Ini Buka KTT AIS Forum 2023

  • www.nusabali.com-presiden-jokowi-sambut-pemimpin-ais-forum

MANGUPURA, NusaBali - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kehadiran Perdana Menteri Timor Leste, Xanana Gusmao dan para pemimpin Forum Negara Pulau dan Kepulauan (AIS Forum) dalam jamuan makan malam (Gala Dinner) yang diselenggarakan di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Selasa (10/10) malam.

Xanana yang hadir dengan mengenakan kemeja merah berbahan tenun endek khas Bali, sempat memperagakan gerakan laik-nya baris-berbaris kemudian memberi hormat dengan membungkukkan badannya ketika berhadapan dengan Jokowi. Aksi tersebut mengundang tawa Presiden Jokowi, yang kemudian menyalami Xanana dan mengajaknya mengobrol sebentar.

Selain menyambut ketibaan pemimpin Timor Leste itu, Jokowi turut menerima PM Niue Dalton Tagelagi, Presiden Mikronesia Wesley Simina, PM Sao Tome and Principe Partice Emery Trovoada, dan PM Tuvalu Kausea Natano. Presiden pun menyambut kedatangan Deputi PM Fiji Manoa Seru Nakausabaria Kamikamica dan Deputi PM Tonga Samiu Kuita Vaipulu sebelum memulai jamuan makan malam KTT AIS Forum.

Foto: Presiden Jokowi (kanan) berbincang dengan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao sebelum Gala Dinner KTT AIS Forum 2023, Selasa (10/10) malam. -ANTARA

Sajian lagu-lagu yang dibawakan sejumlah musisi menghibur para pemimpin AIS Forum dalam Gala Dinner semalam. Dua lagu dangdut berjudul Sayang dan Rungkad yang dibawakan Wika Salim di penghujung acara, mampu menyulut sejumlah pemimpin yang hadir untuk ikut bergoyang atau bertepuk tangan dari kursi tempat mereka duduk, salah satunya Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao.

Sejumlah menteri Jokowi juga tampak berjoget dari bangku masing-masing, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, hingga Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Selain Wika Salim sebelumnya turut tampil musisi Yuni Shara membawakan lagu Serasa, kemudian grup Trivanita yang membawakan lagu medley nusantara yakni Apuse, Angin Mamiri, Padhang Bulan dan Alusi Au.

Kemudian ada juga musisi Indahkus membawakan lagu La Isla Bonita, Gege glen dan Joey Penny membawakan Kokomo. Selanjutnya musisi Wizzy menyanyikan Best Of My LIfe serta Teza Sumendra berduet dengan Wizzy membawakan Lil Boo Thang.

Perhelatan Gala Dinner KTT AIS Forum digelar dengan lampu-lampu yang megah dengan nuansa lautan. Gala Dinner dengan menu masakan nusantara itu ditutup dengan seluruh musisi tampil ke atas panggung menyanyikan lagu Rungkad bersama-sama dengan Wika Salim.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan lautan merupakan sumber kehidupan yang mempersatukan negara-negara pulau dan kepulauan. “Lautan adalah kehidupan kita, lautan mempersatukan kita dan lautan menyediakan banyak sumber daya yang harus kita kelola secara bertanggung jawab,” kata Jokowi. Dia menyampaikan ucapan selamat datang kepada para pemimpin negara-negara pulau dan kepulauan yang hadir.

“Selamat datang di Bali, selamat datang di Indonesia pada pertemuan tingkat tinggi pertama Gala Dinner Forum AIS. Forum untuk mempererat kerja sama antarnegara pulau dan negara kepulauan,” kata Presiden Jokowi. Dia mengajak semua pemimpin negara untuk meningkatkan persahabatan. “Selamat menikmati malam ini, terima kasih,” kata Presiden.

Presiden Jokowi sendiri di Bali pada Selasa sore kemarin. Agendanya untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Forum Negara Pulau dan Kepulauan (KTT AIS) Forum 2023. Pesawat TNI Angkatan Udara yang ditumpangi Presiden mendarat di lokasi VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai sekitar pukul 17.02 WITA.

Tak lama berselang, Presiden Jokowi yang memakai kemeja putih dan celana hitam keluar dan menuruni tangga pesawat, dengan disambut oleh Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Presiden kemudian segera berjalan menuju mobil sedan hitam yang terparkir di dekat lokasi pendaratan pesawat. Malam harinya pukul 19.00 Wita, Presiden Jokowi akan menjamu para tamu peserta KTT AIS Forum dalam acara makan malam di kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Selanjutnya pada Rabu (11/10), Presiden Jokowi dijadwalkan membuka KTT AIS Forum yang dihadiri oleh 29 negara dan empat organisasi internasional. Pertemuan puncak yang mengusung tema ekonomi biru, masa depan kelautan, dan solidaritas itu menjadi tonggak bersejarah yang mendasari sinergi solusi di antara negara peserta AIS Forum untuk mengatasi tantangan global.

KTT AIS Forum yang akan diselenggarakan untuk pertama kalinya pada 11 Oktober 2023, dihadiri oleh 29 negara dari total 51 negara peserta, dan empat organisasi internasional. Pertemuan puncak yang mengusung tema ekonomi biru, masa depan kelautan, dan solidaritas itu menjadi tonggak bersejarah yang mendasari sinergi solusi di antara negara peserta AIS Forum untuk mengatasi tantangan global. KTT AIS Forum berfokus pada kerja sama untuk mengatasi empat isu global yakni mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru, penanganan sampah plastik di laut, dan tata kelola maritim. 7 ant

Komentar