nusabali

Bandara Soetta Raih Peringkat 19

Bandara Paling Terkoneksi 2023 di Dunia

  • www.nusabali.com-bandara-soetta-raih-peringkat-19

JAKARTA, NusaBali - Bandara Internasional Soekarno-Hatta masuk dalam daftar 50 megahub internasional berdasarkan laporan OAG Megahubs Index 2023. Megahub internasional merupakan bandara-bandara yang memiliki koneksi penerbangan internasional paling tinggi, berdasarkan penjelasan dalam laporan OAG Megahubs Index 2023.

Dalam laporan tersebut, sebagaimana dilansir kompas.com, Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat ke-19 dari total 50 bandara yang masuk megahub internasional. Namun, posisi Bandara Soekarno-Hatta tersebut turun tiga peringkat dibandingkan 2019, yakni di peringkat ke-16.

Untuk diketahui, OAG atau Official Airline Guide (OAG) merupakan perusahaan penyedia data perjalanan global yang berbasis di Inggris. 

Dalam laporannya, OAG mengungkapkan bahwa Batik Air merupakan maskapai penerbangan yang paling mendominasi di Bandara Soekarno-Hatta, dengan persentase sebesar 21 persen.

Dalam menyusun laporan OAG Megahubs Index 2023, OAG menganalisis data penerbangan 100 bandara terbesar di dunia untuk jadwal penerbangan internasional selama setahun terakhir September 2022 - Agustus 2023.

Kemudian, OAG menghitung semua koneksi penerbangan masuk dan keluar melalui bandara tersebut. Peringkat dalam OAG Megahubs Index 2023 mengacu pada jumlah penerbangan internasional dan jumlah destinasi yang dilayani dari masing-masing bandara.

Apabila dibandingkan dengan bandara di kawasan Asia Tenggara, maka Bandara Soekarno Hatta berada di posisi keempat.

Dalam laporan OAG Megahubs Index 2023, Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia menyabet peringkat keempat sebagai megahub internasional. Kemudian, disusul oleh Bandara Internasional Suvarnabhumi, Thailand di posisi ke-11 dan Bandara Internasional Ninoy Aquino, Manila, Filipina pada peringkat ke-15.

Sementara itu, Bandara Internasional Heathrow di London menyabet peringkat pertama sebagai megahub internasional berdasarkan laporan OAG Megahubs Index 2023. Bandara Heathrow berhasil mempertahankan posisinya dibandingkan 2019 lalu.  Selanjutnya, Bandara Internasional John F. Kennedy (JFK), New York, AS menempati posisi kedua sebagai megahub internasional

OAG Megahubs Index 2023 juga memaparkan megahub untuk penerbangan berbiaya rendah alias Low Cost Carrier (LCC).

Menariknya, Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia menyabet peringkat pertama dari total 25 megahub LCC. Itu berarti, Bandara Internasional Kuala Lumpur merupakan bandara paling terkoneksi untuk penerbangan LCC.

Bandara nasional Negeri Jiran ini berhasil mempertahankan posisinya sejak 2019 lalu. Sementara, Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat kelima sebagai bandara megahub LCC. Peringkat tersebut naik dari sebelumnya di posisi ke-8 pada 2019.

Selain Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali juga masuk dalam daftar 25 bandara megahub LCC. Bandara I Gusti Ngurah Rai berada di peringkat ke-15, naik dari sebelumnya posisi ke-32 pada 2019. Dalam laporan OAG Megahubs Index 2023, maskapai AirAsia mendominasi penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, dengan persentase sebesar 13 persen. 7

Komentar